Cara Mengetahui Anda Terkena TBC Atau Tidak

Apakah Anda bila tidur malam berkeringat tanpa sebab, walaupun udara dingin dan Anda tidak melakukan aktivitas apapun? Suhu badan Anda meningkat (Demam) hilang timbul? Atau batuk lebih dari dua minggu atau lebih, tanpa diketahui sebabnya?
Jika ya, waspadalah! Bisa jadi Anda terkena penyakit Tuberkulosis! Karena gejala yang saya sebutkan di atas adalah gejala umum yang sering dijumpai pada penderita Tuberkulosis atau biasa disebut dengan TBC. Lalu, apa yang mesti Anda lakukan untuk memastikan bahwa  Anda telah terjangkit atau tidak penyakit TBC yang disebabkan oleh Bakteri Mikobakterium Tuberkulosis ini?
Untuk pertanyaan tersebut, kali ini saya akan jabarkan cara menentukan Anda terkena penyakit Tuberkulosis (TBC) atau tidak.

1.  Konsultasi dengan Petugas Kesehatan
Yang pertama kali yang mesti Anda lakukan adalah mengunjungi petugas kesehatan terdekat. Biasanya dari gejala di atas, petugas kesehatan akan memberikan tiga wadah buat Anda. Lalu untuk apa ketiga wadah tersebut?
Ketiga wadah yang biasanya terbuat dari plastik tersebut digunakan untuk pemeriksaan dahak Anda. Mulai dari pemeriksaan dahak sewaktu, pagi dan sewaktu.
Agar Anda tidak pusing, akan saya uraikan maksud dari ketiga pemeriksaan dahak tersebut (Sewaktu, Pagi dan Sewaktu).
A.  Sewaktu:
Dahak dikumpulkan pada saat Anda datang berkunjung pertama kali. Pada saat pulang, Anda akan membawa sebuah wadah dahak untuk menampung dahak di pagi hari pada hari kedua.
B.  Pagi
Dahak dikumpulkan di rumah pada pagi hari kedua, segera setelah bagun tidur. Wadah dibawa dan diserahkan sendiri kepetugas kesehatan.
C.  Sewaktu
Dahak dikumpulkan dihari kedua, saat Anda menyerahkan dahak pagi.
2. Hasil Pemeriksaan Dahak
Langkah selanjutnya adalah menunggu hasil pemeriksaan dahak. Jika hasil pemeriksaan dahak (Hasil BTA) Anda positif tiga (Sewaktu, Pagi, Sewaktu) atau pemeriksaan dahak Anda positif dua (Sewaktu dan Pagi) maka Anda dapat dinyatakan sebagai penderita penyakit TBC.
Jika pemeriksaan dahak Anda positif satu (Misalnya hanya pagi saja yang positif atau hanya Sewaktu saja yang positif) maka hasil ini dapat dikatakan meragukan. Artinya Anda dapat dinyatakan penderita TBC atau tidak.
Untuk memastikan, Anda dapat memeriksakan ulang dahak Anda (Sewaktu, Pagi, Sewaktu). Jika hasilnya positif tiga, dua atau satu sekalipun Anda dinyatakan sebagai penderita TBC. Atau Anda dapat melakukan foto thoraks. Jika hasil pemeriksaan foto thoraks (dada) Anda positif atas hasil pemeriksaan dokter, Anda dinyatakan sebagai penderita TBC.
Jika pemeriksaan dahak Anda negatif ketiganya (Baik Sewaktu, Pagi, Sewaktu) Anda akan diberikan dokter obat Antibiotik.  Jika dalam pemberian Antibiotik tersebut ada perbaikan, selamat Anda bukan penderita TBC.
Tapi jika tidak ada perbaikan, Anda wajib melakukan pemeriksaan dahak lanjutan (Sewaktu, Pagi, Sewaktu). Jika hasilnya positif tiga, dua dan satu Anda positif menderita Tuberkulosis. Bila hasilnya negatif ketiganya, maka Anda dapat meminta untuk melakukan foto thoraks (dada) pada dokter Anda.
Jika hasil foto thoraks Anda positif atas pertimbangan dokter, maka Anda dinyatakan menderita TBC, tapi bila hasil foto Anda dinyatakan negatif berarti Anda tidak menderita penyakit TBC.

Itulah langkah-langkah dalam penentuan Anda terjangkit (menderita) Tuberkulosis atau tidak. Semoga artikel singkat ini dapat membantu Anda sekalian. Amin...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: