Kandidat Terkuat Calon Menteri Jokowi-JK

Nama Ignasius Jonan sontak ramai diperbincangkan, setelah ia di isukan akan menjadi calon menteri BUMN di Kabinet Jokowi – JK. Lalu siapa sebenarnya Ignasius Jonan ini? Apa prestasinya sampai-sampai media sosial mengusulkan namanya ke dalam jajaran menteri Joko Widodo dan Jusuf Kala?
Ignasius Jonan merupakan Direktur Utama Kereta Api Indonesia tahun 2009. Badan Usaha Milik Negara yang terkenal selalu merugi ini disulapnya menjadi Badan Usaha Milik Negara yang mampu menghasilkan profit hingga Rp. 400 Miliar/tahun! Hanya dalam waktu 3 tahun saja! Wow!
Penunjukan Ignasius Jonan ini bukan tanpa rintangan. Background pendidikan dan pekerjaannya sempat dipertanyakan, karena tidak sesuai untuk memimpin PT. KAI. Ia mengecap pendidikan keuangan dan pekerjaannya mengurusi masalah finansial. Lalu apa hubungannya dengan kereta api?

Tapi, rupanya pemilihan Ignasius Jonan jadi Direktur tidak salah. Dalam beberapa bulan setelah menjadi Direktur, ia tidak segan-segan untuk memantau sendiri persiapan mudik Lebaran pada tahun 2009. Tidak hanya sebagai penonton, ia juga memberikan solusi atas sembrautnya perkereta apian di Indonesia.
Solusi yang dilakukannya pertama kali adalah membenahi Sumber Daya Manusia (SDM), dengan cara, pemberian gaji yang layak sesuai dengan bidang kerjanya dan menerapkan kedisiplinan yang tinggi.
Tidak hanya sampai disitu, Ignasius juga melakukan inovasi berupa: penerapan tiket elektronik untuk KRL di Jabotabek,kemudahan memperoleh tiket, dan kenyamanan saat menaiki kereta api (Setiap penumpang yang memegang tiket akan mendapat tempat duduk dan diberikannya fasilitas AC dalam kereta).

Dengan usaha kerasnya itu, wajar jika banyak penghargaan ia dapatkan, begitu juga dengan perusahaan yang dipimpinnya. Namun, yang terpenting dari usahanya itu, masyarakat kini merasakan kenyamanan dalam mengendarai kereta api di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Ignasius Jonan merubah perilaku masyarakat dalam menaiki kereta api, yang kini  jauh lebih tertib dan rapi.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: