Sejarah Dan Makna Perayaan Halloween

Perayaan Halloween, merupakan perayaan yang tidak asing bagi siapa saja yang melihat dan mendengarnya. Bertepatan dengan 31/10/2014, yang jatuh hari ini perayaan Halloween akan diselenggarakan. Suasana akan tambah mencekam, dikarenakan banyaknya kostum seram yang dipamerkan dan perayaan Halloween ini bertepatan dengan hari jum’at!
Bertepatan dengan itu, Google rupanya juga ikut meramaikan ke ‘Ngerian’ Halloween, hal ini dibuktikan dengan gambar Google Doodle hari ini Hallaween. Dengan melihat gambar dua labu yang menyeramkan saja, kita sudah tahu kalau itu adalah salah satu bentuk perayaan Halloween!
Sejarah Halloween sendiri bermula dari kebiasaan orang Kelt zaman kuno. Dimana mereka percaya setiap tanggal 31 Oktober, pembatas antara orang hidup dan mati di dunia akan terbuka. Dengan terbukanya pembatas itu, maka akan mempermudah masuknya penyakit dan kematian hasil panen, hal ini dikarenakan mereka percaya bahwa orang mati akan membawa penyakit bahkan kematian!
Untuk menangkal itu, orang Kelt biasanya akan menyembelih hewan ternak yang mereka miliki dan menimbun hasil panen (Makanan) untuk persiapan musim dingin. Pada saat perayaan Halloween, orang Kelt berpura-pura sebagai arwah dengan cara memakai kostum atau topeng, lalu mereka akan berusaha berdamai dengan arwah ‘sesungguhnya’ yang mereka yakini akan datang ke dunia.  
Sumber: www.twitter.com

Sedangkan kata Halloween sendiri, diambil dari kata All Hallows’ Even (Petang/malam). Labu yang dipakai sebagai trade mark-nya Halloween biasanya di bentuk semeyeramkan mungkin lalu akan ditambahkan hiasan lampu/lilin di dalamnya, agar tampak menyeramkan di malam hari.

Dari kebiasaan orang Kelt ini kemudian menyebar ke benua Amerika. Dimana di Amerika kebiasaan Halloween ini berubah menjadi sesuatu kegiatan yang menyenangkan. Dimana anak-anak yang memakai kostum seram akan berkeliling dari pintu ke pintu untuk sebuah permen atau coklat sambil berkata “Trick or Treat!” yang artinya “Beri kami permen atau kami jahili!”
Loading...

Subscribe to receive free email updates: