Siapa Niki de Saint Phalle? (Gambar Google)

Sosok Niki de Saint Phalle, yang hari ini menjadi gambar antar muka google. Setelah kemarin memasang foto nan lucu yang ternyata memperingati hari ulang tahun ke 100 dr. Salk, kali inipun google kembali memasang gambar lucu dengan hiasan warna-warni pada keenam katanya. Dan tepat di huruf ke dua, ketiga dan keempat (o,o, dan g) diganti dengan gambar seorang wanita tambun yang sedang menari sambil memakai baju renang.
Lalu siapakah Niki de Saint Phalle ini? Dia adalah seorang seniman, kelahiran Negara Prancis. Dimana ia memulai karirnya sebagai model, dia pernah tampil di majalh bergensi ‘Vogue’ terbitan Perancis.
Ketertarikannya pada dunia lukis ketika ia diperkenalkan pada pelukis Hugh Weiss. Dimulai dari sanalah ia belajar melukis secara autodidak. Lalu dia membaca karya Proust dan segera mengunjungi Madrid dan Barcelona dan sesaat kemudian ia terhipnotis  dengan karya Antonio Gaudi. Dimana karya Gaudi ini sangat mempengaruhi karya-karyanya berikutnya. Ini dikarenakan Gaudi membuka pikirannya tentang penggunaaan bahan yang tidak biasa di zamannya dan penggunaan benda-benda sebagai elemen pada patung dan arsitektur.

Ini membuatnya menciptakan karya seni yang luar biasa hebatnya, yang salah satunya dapat kita lihat gambarnya pada google hari ini. Di mana karya seni itu, sekarang tergantung dengan sayap di pundaknya yang di pamerkan di aula Zurich Hauptbahnhof.

Selain itu, karya seni dari Niki de Saint Phalle ini juga dapat dinikmati di Prancis, California, Hannover, San Diego (University of California), Jerman, Bahkan sampai negara maju, Jepang.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: