Cara Paling Efektiv Mencegah dan Mengatasi Rambut Botak

Siapa yang mau rambutnya rontok dan berakhir dengan kebotakan? Pasti sebagian besar orang akan menggelengkan kepala untuk menyatakan ketidakmauannya. Tapi, tidak semua orang juga dapat menjaga pertumbuhan rambut secara normal, sehingga secara perlahan rambut berguguran satu persatu dan menyebabkan kepala menjadi botak atau gundul.
Lalu, bagaimana caranya agar terhindar dari kerontokan rambut? Dan bagaimana cara menumbuhkan rambut seperti semua? Berikut tips mencegah kerontokan rambut dan cara mengatasi kebotakan.
1.Mengkonsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin E
Sebenarnya bukan vitamin E secara umum, tapi salah satu anggota dalam keluarga Vitamin E, yang bernama Tokotrienol. Nah, Tokotrienol ini bisa melawan rambut rontok secara efektiv. Adapun sumber makanan yang mengandung Tokotrienol adalah: Minyak zaitun, kedelai, sereal, kacang-kacangan, minyak kelapa sawit, gandum, minyak kelapa, sereal, minyak jagung, tahu, bayam, dan minyak wijen.
Kalau Anda susah memakan makanan tersebut secara teratur, Anda dapat membelinya dalam kemasan yang beredar di pasaran. Jika membeli multivitamin E, lihatlah kandungannya, apakah ada Tokotrienol di dalamnya. Karena Tokotrienol dapat ditemukan secara alami maupun sintesis.
Adapun hasil penelitian akan keampuhan Tokotrienol ini adalah Tokotrienol dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada 42% pria yang mengalami kebotakan. Dimana sebanyak 28 subjek berusia 18 – 59 tahun diteliti dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu: 8 bulan.
2.Pijat Kulit Kepala
Kebotakan rambut sering dikarenakan kurangnya sirkulasi darah yang membawa nutrisi menuju ke rambut. Sehingga apabila sirkulasi darah yang membawa nutrisi kurang atau terhambat, asupan nutrisi buat rambut akan berkurang dan itulah yang menyebabkan rambut mudah rontok dan berakhir dengan kebotakan.
Oleh karena itu, lakukanlah pemijitan kepaa secara teratur dan benar. Pijat rambut dapat dilakukan setiap hari, kalau perlu gunakan air hangat, sehingga sirkulasi menuju ke kulit kepala semakin lancar.

3.Gunakan Tanaman Yang Berkhasiat
Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan obat tradisional dalam mengatasi rambut rontok dan kebotakan. Salah satu yang terbukti ampuh dalam mengatasi rambut rontok dan kebotakan adalah Lidah buaya.
Lidah buaya dipercaya dapat menumbuhkan rambut secara alami. Ambillah lidah buaya, lalu oleskan ke kulit kepala secara merata, lalu pijit daerah kepala lalu tunggu sampai satu jam. Ketika sudah selesai, bilas dengan air hangat sambil memijat daerah kepala secara lembut.
Kalau lidah buaya dianggap susah untuk di cari, Anda dapat menggunakan bumbu masak yang dapat Anda temukan di dapur Anda, Yaitu: bawang merah dan bawang putih. Sebelum digunakan, cuci bersih bawan putih, lalu tumbuh hingga halus, lalu oleskan pada permukaan kulit kepala. Lalu tutup dengan handuk kecil, untuk menutupi permukaan kepala, Gunakan bawang merah/bawang putih sebelum tidur (usahakan memilih salah satu).
4.Gunakan Sisir Yang Bergigi Jarang
Dengan menggunakan sisir bergigi jarang, Anda mengurangi peluang rontok rambut Anda. Gunakan sisir yang lembut (tidak tajam) dan tentu saja bersih. Usahakan untuk menyisir rambut pada saat kering (Bukan dengan penggunaan Hair Drier), jangan menyisir rambut pada saat rambut basah.

Selain keempat cara diatas, usahakan untuk mengurangi pengecatan rambut, menghindari penggunaan banyak sampho, dan menggaruk-garuk kepala secara kasar! 
Loading...

Subscribe to receive free email updates: