Google Memperingati Hari Guru Nasional Ke 69 Tahun!

Hari Guru Nasional ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia setiap tanggal 25 November. Dan hari ini secara resmi, Google meluncurkan gambar animasi tentang peringatan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa tersebut. Dengan 6 gambar yang unik, Google berhasil mempresentasikan sosok Guru dalam keseharian di sekolah.
Gambar pertama tampak seorang yang sepertinya guru memakai kacamata sedang duduk di meja, gambar kedua tampak anak murid yang berbentuk huruf O mengerjakan soal di depan papan tulis, gambar ketiga terlihat karakter anime yang sedang membaca buku sebagai sumber pengetahuan, gambar keempat menunjukkan perlunya olahraga dalam kehidupan sehari-hari atau bisa juga menunjukkan olahraga merupakan salah satu pelajaran yang dipelajari disekolah, pada foto kelima sepertinya memperlihatkan pentingnya suatu penelitian, dan gambar terakhir terlihat huruf ‘e’ sedang memainkan instrumen musik yang merupakan salah satu cabang ilmu yang diajarkan seorang guru.
Hari Guru Nasional diperingati bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia atau biasa disingkat PGRI. Yang mana peringatan hari Guru ini tertuang di dalam keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang dikuatkan Undang-undang No 14 Tahun 2005.
sumber: www.aniesbaswedan.com

Sejarah Hari Guru Nasional sendiri berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang kemudian berubah nama menjadi PGI yang memiliki kepanjangan Persatuan guru Indonesia. Tentu saja, perubahan nama yang cukup signifikan ini, membuat Pemerintah Belanda geram dikarenakan hilangnya kata ‘Hindia Belanda’ yang kemudian diganti dengan  kata ‘Indonesia’. Dengan perubahan nama organisasi ini, pemerintah Belanda takut semangat kebangsaan Indonesia tersulut yang ujung-ujungnya bisa menimbulkan perjuangan di sana sini, yang nantinya akan membahayakan posisi pemerintah Belanda sendiri.

Tapi, sayang perjuangan para guru melalui organisasi PGI-nya ini, dilarang keras oleh pihak Jepang yang telah menduduki Indonesia. Sehingga dengan demikian, secara otomatis segala aktivitas organisasi guru terhenti seketika. Untunglah pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia mengumumkan kemerdekaannya, sehingga Organisasi PGI kembali bangkit dan pada tanggal 24 – 25 November 1945, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia, dan dari hasil kongres itu diperoleh kesepakatan bahwa pada tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan PGRI.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: