Mengenal Dua Kartu Andalan Jokowi (KIP dan KIS)

Memenuhi janjinya, Presiden RI, Joko Widodo mengeluarkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) pagi tadi (03/11/2014). Ditemani Ibu Negara, Iriana dan beberapa jajaran Menteri Kabinet Kerja, Joko Widodo memperlihatkan ke empat kartu andalannya semasa kampanye kehadapan publik.
Diantara keempat kartu, yang menjadi perhatian publik adalah Kartu Idonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar. Lalu apakah KIS dan KIP itu? Siapa yang pantas mendapatkannya? dan bagaimana mendapatkan ke dua kartu tersebut (KIS dan KIP)?
Kartu Indonesia Pintar yang berwarna ungu itu adalah kartu jaminan pendidikan selama 12 tahun, bagi warga miskin dan rentang miskin yang ingin menyekolahkan anaknya secara gratis.
Lalu, apa bedanya dengan bantuan pendidikan sejenis?
Ada penambahan yang ditanggung dari program bantuan pendidikan sebelumnya. Dimana yang disasar adalah 24 juta siswa kurang mampu. Adapun rinciannya sebagai berikut: Sekolah Dasar mendapatkan 225 ribu/semester/siswa , Sekolah Menengah Pertama mendapatkan 375/semester/siswa, dan Sekolah Menegah Atas mendapatkan 500 ribu/semester/siswa.
Apa bedanya Kartu Indonesia Sehat dengan BPJS dan JKN?
Bedanya pada penambahan  tindakan yang ditanggung, jadi tidak hanya kuratif (Pengobatan) tapi juga preventif (Pencegahan). Ambil contoh: pemasangan alat kontrasepsi, skreaning tes HIV/AIDS, dan tindakan yang disebabkan oleh kecelakaan. Beda selanjutnya adalah adanya penambahan penerima KIS ini, dibandingkan penerima BPJS dan JKN.
Lalu siapa yang berhak mendapatkan Kartu Indonesia Sehat ini?
Sebetulnya sama dengan BPJS dan JKN, tapi selain warga miskin, kaum difabel, gelandangan, anak panti asuhan, anak jalanan, anak cacat, gangguan jiwa sikotik, dan penghuni panti Jompo. Dari data yang dikumpulkan, diperkirakan ada 1,7 juta jiwa masalah penyandang kesejahteraan sosial.


Bagaimana mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)?
Secara teknis akan disosialisasikan melalui Menteri Sosial.
Lalu bagaimana cara menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)?
Anda hanya tinggal menunjukkan Kartu Indonesia Pintar ke pihak sekolah dan Balai latihan (Dalam bentuk uang tunai), sedangkan Kartu Indonesia Sehat tinggal Anda tunjukkan saat berobat ke Puskesmas dan ke Rumah Sakit rujukan (Dalam bentuk Sim Card).
Lalu, kemana akan mengadu jika ada permasalahan?

Anda dapat mengajukan pertanyaan ke 1708 melalui SMS.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: