Mengenal Henri de Toulouse Lebih Dekat

Siapakah tokoh di gambar Google hari ini? Dia adalah pelukis dan Ilustrator kenamaan dari Negara Prancis, Henri de Toulouse-Lautrec. Pria yang memiliki ciri khas memakai topi dan berjanggut ini menghiasi gambar Google dengan sangat apik. Dengan Mengenggam kuas, ia terlihat melukis huruf G yang berwarna kemerahan, kemudian di depannya tampak empat orang wanita sedang menari dengan indahnya.
Mengapa Google hari ini menayangkan gambar Henri de Toulouse-Lautrec? Hal itu dikarenakan, hari ini (24/11) Henri de Toulouse-Lautrec  lahir. Dan bila beliau masih hidup, Henri de Toulouse-Lautrec merayakan ulang tahun yang ke 150 tahun! Wow!
Selain pelukis dan Ilustrator, Henri de Toulouse-Lautrec juga merupakan ahli grafis dan pelukis poster kenamaan di akhir abad ke 19. Tapi, sebagian besar karya-karyanya berbicara tentang dunia perempuan. Beberapa karya yang tersohor adalah: At the Moulin Rouge (1895), Moulin Rouge: La Goulue (1891), At the Moulin Rouge, The Dance (1890), Equestrienne (At the Circus Fernando, 1888), La Goulue Entering the Moulin Rouge (1892) dan masih banyak lagi.

Perjuangan Henri de Toulouse-Lautrec ini patut diacungi jempol. Dikarenakan ia adalah seorang penyandang disabilitas, dimana diusianya yang menginjak ke 14 tahun, ia mengalami patah pada kedua kakinya. Tapi, walaupun dengan keterbatasannya itu, dia tidak larut dalam kesedihannya. Ia bangkit dan berjuang melalui sebuah ‘pekerjaan’ yang tidak mengandalkan kedua kaki, yaitu: melukis.
Henri de Toulouse-Lautrec ini sendiri mempunyai gaya lukisan yang beraliran impresionisme. Ia mempunyai ciri lukisan yang khas disetiap goresannya, sehingga dunia mengakui kekhasan dan keoriginalan karya-karyanya. Karena ketekunannya itu, ribuan gambar dan lukisan berhasil ia ciptakan serta ratusan poster ia lahirkan dari ‘keterbatasannya’ tersebut.

Tapi, dari kelebihannya tersebut, ternyata Henri de Toulouse-Lautrec juga mempunyai kekurangan seperti manusia pada umumnya. Dimana ia adalah seorang pecandu alkohol dan penderita Sifilis. Ia meninggal dikarenakan dua hal tersebut, dimana ia meninggal kurang dari tiga bulan sebelum ulang tahunnya yang ke 37. Dan dimakamkan di Verdelais, Gironde, beberapa kilometer dari Chateau of Malrome.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: