Cara Terampuh Mengatasi Demam Panggung

Apakah Anda sering mengalami ketakutan yang sangat besar ketika tampil dihadapan orang banyak? Apakah Anda selalu bercucur keringat ketika harus mempresentasikan sebuah makalah/laporan di depan kelas? Apakah Anda sering gemetar/nervous ketika berdiri di depan panggung? Jika iya, berarti Anda sering mengalami yang namanya demam panggung.
Demam panggung atau biasa diidentikkan dengan perasaan grogi/takut/nervous bila berdiri/membacakan sebuah presentasi di hadapan orang banyak memang banyak diidap oleh orang Indonesia kebanyakan. Dikarenakan pola pendidikan di Indonesia, dahulunya lebih banyak menerapkan Teaching Learning, dimana guru yang lebih banyak menjelaskan segala sesuatu tanpa melibatkan murid sebagai sasaran didiknya. Sehingga anak murid cuma duduk, mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru tersebut. Hal inilah yang menyebabkan seorang anak tidak biasa untuk mengeluarkan pendapatnya (latihan berbicara) apalagi untuk berbicara dihapan orang banyak. Sehingga apabila sudah dewasa, akan menyebabkan sianak minder/malu untuk berbicara di depan publik. Dan hal inilah yang mencetuskan adanya demam panggung.
Lalu, apa yang mesti dilakukan kalau kita selalu mengalami perasaan takut/deg degan/nervous/cemas ketika berdiri di depan panggung. Berikut cara ampuh mengatasi demam panggung:
1.Latihan
Segala sesuatu memang tidak ada yang instan di dunia ini. Semuanya melalui proses pembelajaran, begitu juga kalau ingin berhadapan dengan orang banyak. Oleh sebab itu, jika kita hendak berbicara/mempresentasikan sesuatu di hadapan puluhan/ratusan pasang mata, maka sehari sebelumnya kita dapat melatih diri kita untuk berbicara dihadapan orang banyak. Salah satu cara melatih bicara ini, kita dapat berdiri di depan cermin, seolah-olah banyangan di depan cermin itu adalah orang lain yang nantinya akan menyaksikan penampilan kita. Atau kita bisa meminta tolong anggota keluarga untuk menjadi penonton ketika kita latihan berbicara di hadapan orang banyak.
www.twitter.com

2.Berdoa
Cara kedua ini merupakan cara terampuh selanjutnya. Kenapa? Karena kalau kita menyerahkan segala sesuatu dengan Sang Pencipta, maka rasa takut/grogi akan hilang. Karena tidak ada yang mustahil bagi Yang Kuasa untuk mempermudah urusan kita, termasuk bicara di depan kelas maupun panggung besar.
Tapi, kita tidak serta merta menggantungkan doa saja, perlu persiapan mental dan materi yang mumpuni dalam menghadapi tatapan pasang mata. Sebaiknya, ketika berdoa kita sering menarik nafas dalam, hal ini akan memudahkan oksigen masuk ketubuh kita sehingga rasa dag dig dug akan berkurang.
3.Percaya Diri
Kalau sudah mempersiapkan segala sesuatunya, mengapa kita harus minder/malu/nervous? Kita harus tampil percaya diri. Yakinlah dalam hati kita, bahwa semuanya akan baik-baik saja dan akan berlalu seiring berjalannya waktu. Tugas kita sekarang adalah memberikan penampilan terbaik dengan cara tampil percaya diri, bukan malah memikirkan hal-hal negatif yang akan membuat kita down dan grogi dalam menghadapi orang banyak.


4.Ubah pikiran
Jika kita masih gugup dengan tatapan penonton/orang lain terhadap kita, ubah sudut pandang kita. Anggap saja orang yang menonton kita adalah orang yang haus akan pengetahuan dari kita atau kita bisa menganggap mereka sebagai sebatang pohon atau anggap saja sebagai patung sekalian.
5.Anggap Sebagai Latihan
Kalau masih saja ada perasaan takut/grogi/gemetaran, kita dapat melakukan trik ini. Anggap saja, kita berbicara dihadapan orang banyak itu sebagai latihan yang kita lakukan sebelumnya. Sehingga perasaan takut akan hilang dengan sendirinya.

Itulah 5 cara terampuh mengatasi demam panggung. Semoga artikel singkat ini dapat membantu Anda dalam mengatasi perasaan takut/grogi/cemas dalam menghadapi orang banyak. Oh, ya...sebagai tambahan, biasanya kalau saya ingin tampil dihadapan orang banyak saya akan memejamkan mata saya dan dalam hati kecil saya akan berkata, “Jika kubuka mata ini, maka semuanya akan baik-baik saja.” Dan, Alhamdulillah, cara simple ini selalu berhasil mengantarkan saya sebagai penampil terbaik. Anda ingin mencoba? Baca Juga: Cara Efektif Mengatasi Stress Yang Paling Ampuh
Loading...

Subscribe to receive free email updates: