Black Box Menjawab Misteri Kecelakaan Pesawat

Apakah Black Box itu? Sejak terjadinya beberapa kecelakaan pesawat, apalagi sejak terjadinya kecelakaan/hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501 di akhir tahun 2014, nama black box juga ikut populer. Lalu, apa hebatnya black box ini sampai menjadi sesuatu benda yang paling di cari diantara bagian tubuh pesawat?
Sebelum menjawab fungsi dan kegunaan black box, kita akan membahas mengapa nama black box diberikan pada benda yang sangat penting dipesawat ini. Walaupun namanya black box, tapi jangan salah sangka. Kotak/box ini bukan berwarna hitam tapi orange. Mengapa di beri nama black (hitam) pada kotaknya, hal ini dikarenakan nilai misteri atau kerahasiaannya dalam kotak berwarna orange tersebut, bukan karena warna tampilannya.

Black Box sendiri terdiri dari 2 bagian. Yang pertama adalah rekamanan flight/ data recording dan yang kedua adalah bagian CVR. Dimana black box ini menyingkap misteri atau fakta apa yang terjadi sebelum pesawat terbang mengalami kecelakaan. Dimana black box ini tahan panas sampai suhu 1000 derajat celcius! Sehingga peluang untuk terjadinya kerusakan sangat minim.

Karena fungsi black box yang sangat penting ini, black box ditaruh/disimpan pada bagian yang paling aman di pesawat. Dimana black box ditaruh pada bagian ekor pesawat. Black box yang digunakan sekarang merupakan black box generasi ke 3. Black box generasi ke 3 ini memiliki perangkat memori yang lebih canggih dari black box dari generasi sebelumnya. Sehingga, ada harapan black box memberi harapan black box dapat memberikan manfaat yang lebih buat pembelajaran bagi penerbagan selanjutnya. Sehingga resiko kecelakaan pesawat ke depannya dapat terus ditekan dan pelayanan angkutan udara ini dapat terus meningkat. Baca juga Fakta Mengejutkan Kecelakaan AirAsia
Loading...

Subscribe to receive free email updates: