2 Durian Indonesia Yang Menggemparkan Dunia

2 Durian asal Indonesia membuat geger peserta Simposium Durian Internasional di Thailand bulan juni lalu. Bagaimana tidak, sekitar 200 peserta dari 16 negara yang hadir hanya durian dari Indonesia yang tampil ‘beda’. Jika kebanyakan durian yang diunggulkan masing-masing negara dengan daging berwarna kuning, maka Indonesia dengan keragaman hayatinya menggebrak ‘perdurian’ dunia dengan warna danging yang unik, yaitu: berwarna merah dan berwarna pelangi!
Durian dengan warna merah tersebut merupakan durian yang berasal dari Banyuwangi sedangkan durian berwarna pelangi merupakan durian asal Papua. Dimana 2 jenis durian ini merupakan durian yang hanya ada di Indonesia.

Saking ‘terpesonanya’ dengan 2 durian tadi, sampai-sampai ketua panitia penyelenggara simposium mencalonkan Indonesia sebagai tuan rumah simposium durian selanjutnya. Yang mana simposium tersebut rencananya akan berlangsung tahun 2017 dengan tema yang penuh optimisme yaitu: ‘Durian merah sebagai tren masa depan.’
Lalu, apa keunggulan ke 2 durian tadi (Durian merah dan Durian pelangi) dibandingkan durian yang beredar di pasaran dunia? Berikut ulasannya:
Selain unik karena warnanya, durian merah juga sangat lezat  (Source: Image )

Durian merah selain menunjukkan keeksotikan melalui dagingnya yang berwarna merah, juga memiliki biji yang kecil dengan daging buah yang tebal. Selain itu, rasa dari durian merah juga sangat lezat dengan kadar alkohol yang lebih rendah dibandingkan dengan durian kebanyakan. Dan mengenai bau menyengat yang biasa ditemukan pada durian, tidak ditemukan pada durian merah sehingga aman untuk dibawa selama perjalanan maupun tempat penginapan.
Durian pelangi yang eksotis 

Sedangkan Durian pelangi juga mempunyai keungulan pada daging buahnya yang merupakan perpaduan bermacam warna, seperti warna pelangi: ada merah, kuning, hijau,ungu dan ada sedikit guratan berwarna putih. Durian pelangi juga memiliki ketebalan mencapai 39% dan mampu bertahan 6-7 hari. Selain itu bisa dipastikan rasa durian pelangi ini menggoyang lidah dikarenakan rasanya yang lezat, manis dan tekstur daging buahnya sangat lembut sehingga tak salah dengan keunggulannya tersebut harga durian pelangi Papua ini bernilai tinggi. Dimana harganya dibrandrol sekitar 250.000 rupiah.
Dengan berbagai keunggulan 2 durian tadi, seharusnya Indonesia berbenah diri. Dengan menanam menanam bibit durian pelangi dan durian merah secara luas dan dalam skala komersil. Karena jika kita lengah, ke 2 durian ‘hebat’ tadi akan diakui oleh perkebunan kompetitor dari negara lain sebagai produk dan temuannya.


Loading...

Subscribe to receive free email updates: