Cara Aman Membersihkan Kulit Dari Bulu

Bulu? Mungkin sebagian kita risih akan kehadiran ‘sosok’ satu ini. Apalagi kaum hawa, bisa dipastikan mereka akan bergidik ngeri jika melihat bulu tumbuh liar di tubuh mereka, seperti:  bulu kaki, bulu tangan, daerah organ kelamin, bulu ketiak apalagi sampai menjalar ke atas mulut atau biasa disebut dengan kumis.
Berbagai carapun dilakukan untuk ‘membasmi’ bulu yang tumbuh tersebut. Mulai dengan cara tradisional maupun dengan teknologi terkini. Dengan cara manual maupun dengan cara modern. Lalu, dari sekian banyak pilihan tersebut manakah cara aman membersihkan kulit dari bulu? Manakah cara efektif untuk menghilangkan bulu? Berikut ulasannya:

Cara umum yang dilakukan adalah dengan cara manual menggunakan alat cukur. Cara ini digunakan dengan berbagai alasan, salah satu alasan yang mendasar adalah praktis dan ekonomis. Tapi, jika menilik keefesien dan keefektifannya cara ‘lama’ ini kurang efektif, karena selain hasilnya kurang memuaskan, meninggalkan bekas luka juga meninggalkan rasa tidak nyaman pada penggunanya.

Dari ketidak puasan akan hasilnya tersebut, banyak wanita atau pria beralih kepada metode modern. Waxing. Tapi sayang metode waxing yang sempat diagungkan dapat memberikan hasil yang maksimal membersihkan bulu tersebut ternyata memiliki ‘kelemahan’ dalam pembersihan bulu. Diantaranya adalah: rasa sakit, hasil yang tidak permanen juga berbahaya!
Mengapa waxing dinilai berbahaya? Selain bisa menimbulkan alergi bagi beberapa orang, metode waxing juga membuat kulit memerah akibat iritasi, rasa gatal hingga infeksi. Bahkan metode waxing ini dapat menyebabkan rambut tumbuh  ke dalam kulit sehingga menyebabkan bengkak dan rasa sakit bagi penggunanya.
Kurang puas dengan hasil waxing, wanita dan pria pun mencoba alternatif lain, yaitu: pembersihan bulu menggunakan metode laser. Ternyata cara ini pun dinilai kurang maksimal seperti metode waxing. Rasa sakit ketika pembersihan dan tingkat keberhasilan yang kurang membuat metode laser ini ditinggalkan orang dalam pembersihan bulu.
Metode selanjutnya yang digunakan untuk membersihkan kulit dari bulu adalah: Intense Pulsed Light. Dimana cara ini dilakukan dengan cara meruduksi bulu secara bertahap. Berbeda dengan waxing dan laser yang dinilai akan melukai daerah lain, Intense Pulsed Light dianggap tepat sasaran dalam membersihkan bulu karena alat ini bekerja dengan energi panas pada zat melamin yang terletak pada ujung folikel rambut. Tapi, bukan berarti metode ini sempurna dalam membersihkan bulu, walaupun tidak menimbulkan rasa sakit tapi pembersihan bulu dengan Intense Pulsed Light ini berfungsi meruduksi rambut saja. Folikel rambut yang semula besar secara bertahap akan mengecil.

Apapun metode yang Anda gunakan dalam membersihkan kulit dari bulu ada beberapa hal penting yang perlu Anda Ingat. Yang pertama adalah: selektiflah dalam memilih klinik perawatan, pilih klinik yang ditangani oleh orang yang profesional dibidangnya (dokter spesialis kulit), pastikan usia Anda mencukupi untuk dilakukan pembersihan bulu dan pastikan Anda tidak menderita kelainan kulit.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: