Fakta Unik Dibalik Kelezatan Masakan Nomor 1 Dunia

Rendang? Siapa yang tidak kenal masakan ini? Jangankan Indonesia, duniapun ‘mengenalnya’. Itulah sebabnya melalui jajak pendapat yang dilakukan oleh TV berita dunia (CNN) nama rendang menjadi makanan terenak nomor wahid di dunia. Mengalahkan masakan enak lainnya, seperti: lasagna, kari massaman, kimchi bahkan sushi.
Itulah sebabnya, setiap ada acara masakan internasional, rendang selalu menjadi masakan pilihan warga dunia. Mereka bahkan rela antri berjam-jam hanya untuk menyantap masakan dari Minangkabau tersebut. Ambil contoh ketika acara ‘Asian Food’ di Bulgaria. Rendang yang pada saat itu dihidangkan merupakan masakan yang habis pertama kali diantara banyaknya masakan yang dihidangkan dari pada masakan Asia lainnya.

Selain fakta menarik di atas, ada beberapa fakta mengenai rendang. Berikut fakta unik dari masakan rendang:
Dari baunya saja terbanyang kelezatannya (Source : image )

1.Nama rendang berasal dari marandang yang berarti proses memasaknya berulang-ulang.
2. Selain memakai daging sebagai bahan andalan, ternyata rendang juga memiliki berbagai jenis bahan yang dapat diolah menjadi masakan rendang. Jenis-jenis rendang yang ada di Minangkabau itu adalah: rendang belut, rendang itik (rendang Itiak), rendang kerang (rendang pensi dan rendang Lokan), Rendang ketan hitam, Rendang telur, Rendang Nangka (Rendang Cubadak), dan ada juga Rendang Jengkol (Jariang).
3. Keunikan rendang berasal dari proses memasaknya dimana proses merandang atau mengkaramelisasi santan kental dan bumbu-bumbunya selama berjam-jam itu belum pernah ada di negara manapun.
4. Selain Indonesia, negara tetangga pun (Malaysia) memiliki masakan ‘rendang’. Tapi rendang Malaysia berwarna kemerahan yang ditambah dengan bumbu kari India. Itulah sebabnya negara Malaysia mulai mengklaim rendang sebagai miliknya.

5.Rendang makanan yang dinyatakan oleh NASA dapat di bawa dalam perjalanan luar angkasa. Yang mana rendang sendiri pernah dibawa ke luar angkasa pada tahun 2007.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: