Mengenal Stadium Dan Pengobatan Hemoroid/Wasir

Hemoroid atau biasa disebut dengan wasir memang penyakit sangat menyiksa. Bagaimana tidak, penyakit ini dapat membuat penderitanya merasakan sakit pada area anus. Mau mengedan saat buang air besar, darah yang keluar. Tidak mengedan rasa tidak tuntas buang air besar dirasa. Mau duduk serba tidak nyaman karena rasa nyeri yang menyerang sedangkan mau berdiri tentu akan membuat orang bertanya-tanya  ada apa gerangan? Dan sialnya jika darah hemoroid/wasir menempel di celana/rok, bisa dipastikan rasa malu menyerang.
Nah, bagi Anda yang menderita wasir, perlu kiranya mengetahui tingkatan stadium jemoroid/wasir. Hal ini di perlukan karena dengan di ketahuinya stadium hemoroid/wasir, maka akan mudah bagi Anda untuk mengetahui terapi yang cocok buat anda.
Berikut  empat stadium hemoroid/wasir yang wajib Anda ketahui:

Stadium satu:
Jika pada saat anda buang air besar, perdarahan sudah keluar dari anus. Pada tahap ini sebaiknya Anda sudah menjaga pola makan, seperti makan buah dan sayur mayur. Hindari makanan yang pedas, daging, makanan cepat saji dan makanan berpengawet. Hindari mengejan ketika buang air besar.  Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari) serta istirahat/tidur yang cukup (7-8 jam dalam sehari).

Stadium dua:
Saat anda buang air besar perdarahan telah terjadi dan muncul tonjolan luar, tetapi pada stadium ini tonjolan masih bisa masuk kembali ke dalam anus. Selain menerapkan hidup sehat, Anda juga harus menghindari stress dan usakan juga menghindari duduk terlalu lama. Jika Anda diharuskan untuk duduk lama dalam bekerja, luangkahlah waktu beberapa menit (10 -15 menit) untuk berdiri.
Stadium ketiga:
yaitu perdarahan tetap terjadi, tonjolan juga tetap keluar, tapi sayangnya tonjolan ini tidak dapat masuk kembali dengan sendirinya, melainkan harus dengan bantuan. Contohnya adalah memasukkan dengan tangan.
Sebenarnya dari tahap awal Anda seharusnya sudah berkonsultasi dengan tim medis, tapi pada tahap stadium ketiga ini Anda ‘wajib’ mendatangi tim medis perihal penyakit hemoroid/wasir Anda ini. Dengan berkonsultasi dengan tim medis Anda akan mendapatkan sejumlah obat untuk menurunkan resiko perdarahan dan mengurangi nyeri dari penyakit hemoroid yang Anda derita.
Ingat, biasakan untuk mempolakan Buang Air Besar secara teratur. Lalu, hindari BAB terlalu lama karena bukannya akan menuntaskan BAB Anda, yang ada malah menguras darah Anda!
Stadium empat:

Biasa disebut sebagai stadium terakhir adalah stadium terparah dalam penyakit wasir karena banyak menarik lapisan rectum melalui anus. Pada stadium ini, tonjolan yang keluar dari anus tidak dapat masuk kembali, dan tonjolan itu pun mengandung bekuan darah. Perdarahan pun terus terjadi ketika penderita buang air besar. Biasanya pada tahap ini penderita dianjurkan untuk menjalani operasi. Tapi, jalan operasi tidak serta merta mengobati hemoroid/wasir karena walaupun sudah diangkat, wasir akan bisa tumbuh kembali jika pola hidup ‘buruk’ Anda tidak berubah.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: