Tokotrienol Cara Baru mengatasi Kebotakan

Rambut anda rontok? Atau rambut anda mengalami kebotakan? Tenang. Ada solusi terbaik untuk mencegah kerontokan dan kebotakan rambut. Namanya adalah Tokotrienol. Apa itu tokotrienol? Tokotrienol adalah salah satu anggota dalam keluarga vitamin E. Dimana vitamin E ini memiliki delapan bentuk yang berbeda: empat tokoferol dan empat untuk tokotrienol. Yang mana tokotrienol dinyatakan sebagai nutrisi yang lebih kaya manfaat dibandingkan tokoferol.
Rambut rontok dan botak bagaimana bisa disembuhkan dengan tokotrienol? Cara mengatasi rambut rontok dan botak pada pria maupun pada wanita dengan tokotrienol adalah dengan cara mengkonsumsinya secara oral, sampho, kondisioner, maupun minyak rambut yang mengandung tokotrienol dalam jumlah cukup.
Perlu diketahui, rambut rontok yang berakhir dengan kebotakan biasanya disebabkan oleh faktor genetika, ketidakseimbangan hormonal, kekurangan vitamin, penyakit kronis, pemakaian obat-obatan, faktor fisiologis dan bisa juga karena infeksi jamur.


Sebenarnya jika rambut mendapatkan semua nutrisi penting dan faktor pertumbuhan untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel mati, kebotakan tidak akan terjadi. Namun, jika rambut tidak mendapatkan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut maka rambut akan mengalami kerontokan dan kebotakan pada rambut.

Kembali ke tokotrienol yang berfungsi mengatasi rambut rontok dan memperbaiki rambut yang botak, sejumlah penelitian membuktikan kalau tokotrienol dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada 42% pria yang mengalami kebotakan. Penelitian yang dilakukan oleh Wong dan Lodge (2013), meneliti 28 subyek dengan rentang usia 18-59 tahun dalam jangka waktu 8 bulan. Subyek yang dipilih adalah pria yang memiliki riwayat kebotakan dari dua sampai lima tahun. Lalu subyek sebanyak 28 orang itu dibagi 2: satu kelompok diberi 100 mg tokotrienol kompleks sedangkan satu kelompok lain hanya diberi plasebo. Hasil penelitiannya: pada kelompok yang diberi 100 mg tokotrienol kompleks; jumlah rambut meningkat 41,8%, sedangkan kelompok yang diberi plasebo tidak ada peningkatan jumlah rambut yang signifikan.
Ampuhnya tokotrienol untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan inipun dibuktikan dari hasil penelitian oleh AOCS (Oil Chemists’ Society), maupun dari American Pregnancy Association yang menyatakan tokotrienol adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Lim Ai Beoy menyatakan dari penelitiannya, tokotrienol dapat memberikan perlindungan terhadap folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Jadi, tokotrienol menjadi solusi yang baik dalam perawatan rambut bagi pria maupun wanita dengan masalah rambut menipis dan rontok.
Tokotrienol dapat diperoleh dari mengkonsumsinya secara oral, sampho, kondisioner ataupun dari minyak rambut yang mengandung tokotrienol. Untuk yang oral, tokotrienol didapatkan dari bahan alami maupun sintesis. Untuk alami (makanan) bisa diperoleh dari: almond dengan madu, kacang tanah, minyak jagung, minyak bunga matahari, mayonais bebas lemak, wijen, salmon baik filet maupun berbentuk steak, gandum, sereal, popcorn, nangka, mangga, pepaya, paprika merah, brokoli maupun jus wortel.
Sedangkan sintesis, tokotrienol bisa didapatkan di sejumlah gerai obat yang menjual vitamin E yang mana di dalamnya tertera kandungan tokotrienol yang biasanya diberi nama dl-tokotrienol. Untuk kebutuhan harian, sebaiknya kita mengkonsumsi tokotrienol sebesar 10-30 mg tokotrienol.


Loading...

Subscribe to receive free email updates: