Mengenal ISPA Penyakit Pernafasan Yang Mematikan

Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Nafas Akut) sedang booming. Bagaimana tidak, ribuan bahkan ratusan ribu orang di Indonesia terkena penyakit satu ini. Salah satu faktor yang ditenggarai menyebabkan naiknya kasus ISPA ini adalah asap kebakaran hutan yang terjadi hampir di semua wilayah Indonesia.
Lalu, apa itu ISPA? Apa tanda dan gejalanya? Bagaimana pula mengatasinya? Berikut penjelasan lengkap mengenai ISPA yang terangkum dalam: Mengenal ISPA penyakit pernafasan yang mematikan:
Apa itu ISPA?
ISPA adalah penyakit yang terjadi karena infeksi yang terjadi pada bagian sinus, tenggorokan, paru-paru sampai saluran udara atau penyakit yang diakibatkan adanya infeksi pada sistem pernafasan atas.

Apa Penyebab Dari ISPA?
Penyebab dari ISPA ada bermacam-macam, dimana ISPA bisa disebabkan oleh: bakteri, virus bahkan jamur. Tapi secara umum biasanya penyakit ISPA disebabkan oleh Virus.

Apa Tanda dan Gejala ISPA?
Tanda dan Gejala dari ISPA biasanya bersifat ringan seperti pilek dan batuk. Tapi ada beberapa tingkatan dalam menilai keparahan ISPA, yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:
1.   ISPA Ringan
Yang ditandai dengan: Batuk dan pilek tanpa adanya demam
2.  ISPA Sedang
Yang ditandai dengan gejala: Batuk, pilek dengan atau tanpa demam, pernafasan cepat, adanya bunyi mengi (Wheezing), adanya bercak merah pada kulit dan sakit atau keluar cairan dari telinga.
3.  ISPA Berat
Yang ditandai dengan: Batuk, pilek dengan atau tanpa demam, pernafasan cepat, adanya bunyi mengi (Wheezing), adanya bercak merah pada kulit , sakit atau keluar cairan dari telinga, penarikan pada dinding dada, kesadaran menurun, adanya suara nafas yang mengorok, dan bibir/kulit pucat kebiruan.
Bagaimana cara Penularan ISPA?
ISPA dapat menular melalui udara. Dimana apabila ada penderita ISPA maka ia dapat menyebarkan kuman ke udara pada saat batuk atau bersin. Selain itu ISPA juga dapat menular melalui ciuman dan menggunakan/memegang benda yang telah terkena sekresi saluran pernafasan penderita.
Bagaimana cara mengobati/mengatasi ISPA?
Dalam tahap ringan sebenarnya tidak diperlukan obat untuk penyembuhan karena yang diperlukan pada tahap ini adalah daya tahan tubuh untuk melawan kuman yang menyerang. Tapi, biasanya penderita ISPA diberikan antibiotik. Dimana antibiotik dinyakini dapat menpercepat proses penyembuhan penyakit ini. Selain itu akan diberikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan pemberian obat yang disesuaikan dengan keluhan pasien, misalnya penderita batuk maka akan diberikan obat batuk.
Bagaimana cara Mencegah penyakit ISPA?
Cara agar penyakit ISPA tidak menyerang pada kita adalah dengan cara menerapkan pola hidup hygienes, seperti:
1.   Mencuci tangan dengan benar dan teratur
2.  Hindari menyentuh area wajah, terutama area mulut, hidung dan mata.
3.  Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

4.  Menghindari merokok
Loading...

Subscribe to receive free email updates: