Mengenal Kelainan Haid Pada Wanita

Haid atau menstruasi tentu tidak asing bagi wanita. Siklus bulanan ini selalu hadir menemani hidup wanita yang sudah memasuki usia pubertas. Tapi, tidak semua wanita mengetahui kelainan pada haid ini. Berikut kelainan haid yang wajib Anda ketahui:
1.   Amenorrhoe
Amenorrhoe merupakan tidak adanya haid selama tiga bulan atau lebih. Dimana dapat terjadi oleh karena: wanita dalam masa laktasi, kesedihan, tumor, trauma, infeksi , tbc, maupun penyakit hepar atau ginjal. Untuk mengatasi masalah kelainan haid ini, kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Banyak pemeriksaan dapat membantu kita mencari penyebab amenorrhoe ini, diantaranya: smears, pemeriksaan rontgen (sella lursica), EEG, BMR dan lain-lain.

2.  Pseudoamenorrhoe (Kryptomenorrhoe)
Suatu keadaan ada haid tapi darah haid tidak keluar karena tertutupnya cervix, vagina atau hymen. Bisa karena perlekatan saluran servix atau vagina karena radang GO, dipteri maupun habis melahirkan.

3.  Menstruatio Praecox
Timbulnya haid pada umur yang sangat muda kurang dari 8 sampai 10 tahun, yang disertai dengan timbulnya tanda-tanda kelamin sekunder sebelum waktunya. Dimana tanda-tanda kelamin sekunder adalah timbulnya rambut kemaluan, pertumbuhan buah dada dan tentu saja haid. Dimana bisa disebabkan oleh: terapi hormonal maupun adanya sel tumor.
4.  Polymenorrhoe
Adalah haid steratur tapi sering datang, jadi siklus pendek, kurang dari 25 hari.
5.  Oligomenorrhoe
Haid jarang tapi siklusnya panjang. Bisa karena peroanjangan stadium folikuler, luteal, pengaruh psikis, dan bisa juga karena penyakit Tbc.
6.  Menorrhagia
Pengeluaran darah yang terlalu banyak, biasanya disertai dengan bekuan darah sewaktu menstruasi dengan siklus yang teratur. Bisa disebabkan oleh: uterus sangat kecil, tonus otot kurang, kontraksi otot rahim kurang kuat, hipertensi, infeksi maupun bendungan pembuluh darah balik.
7.  Metrorrhagi
Adalah perdarahan rahim di luar waktu haid. Yang biasanya disebabkan oleh: abortus, kehamilan abortus, tumor,  maupun kehamilan ektopik.
8.  Dysmenorrhoe

Suatu kelainan haid yang ditandai dengan nyeri sewaktu haid. Dimana bisa disebabkan beberapa hal seperti: kelelahan, anemia, tbc maupun karena cervix yang sempit.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: