Sepuluh Langkah Ampuh Mengurangi Resiko Kanker

Bagaimana cara mengurangi resiko kanker? Ini mungkin salah satu pertanyaan banyak orang, seperti kita ketahui penyakit mematikan yang belum ditemukan obatnya ini memang momok menakutkan bagi sebagian besar manusia. Lalu, apa saja langkah-langkah yang mesti dilakukan untuk mengurangi resiko kanker. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko kanker:
1.   Perbanyak konsumsi sayuran segar karena penelitian menunjukkan makanan yang kaya akan vitamin dan serat kasar membantu mencegah kanker.
2.  Perbanyak asupan makanan berserat sebab makanan tinggi serat dapat mengurangi resiko kanker tertentu, terutama kanker daerah pencernaan.
3.  Perbanyak asupan makanan yang mengandung Vitamin A yang akan mengurangi resiko kanker esofagus, laring dan paru-paru.
4.  Perbanyak asupan makanan yang banyak mengandung vitamin C yang memberikan perlindungan dari kanker lambung dan esofagus.


5.  Lakukan pengontrolan berat badan karena kelebihan berat badan (obesitas) meningkatkan resiko terjadinya kanker pada rahim, kandung empedu, payudara dan usus besar.
6.  Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak karena makanan yang banyak mengandung lemak akan meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara, usus besar dan prostat.
7.  Kurangi makanan  yang diasinkan, diasapkan dan makanan yang diberi nitrat karena dapat meningkatkan resiko kanker esofagus dan lambung.
8.  Hentikan merokok karena bersifat karsinogen.
9.  Hentikan penggunaan alkohol karena minuman yang mengandung banyak alkohol berisiko memunculkan terjadinya kanker hati (Bila seseorang yang peminum alkohol berat dan perokok sekaligus mempunyai resiko untuk mengalami kanker mulut, tenggorokan, laring dan esophagus).
10.Hindarkan pemaparan yang berlebihan di bawah sinar matahari, gunakanalah pelindung kulit dan gunakan tabir surya untuk mencegah kerusakan kulit dan sinar ultraviolet yang akan meningkatkan resiko kanker kulit.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: