Tujuh Tanda Peringatan Adanya Kanker

Kanker? membanyangkannya saja kita sudah bergidik ngeri. Bagaimana tidak, penyakit ini belum ditemukan obatnya dan merupakan penyakit mematikan yang telah merengut nyawa orang banyak. Oleh karena itu ada baiknya kita mawas diri terhadap penyakit kanker ini, salah satunya adalah dengan mengenali tanda peringatan adanya kanker. Karena, semakin cepat kita mengetahui adanya kanker dalam diri kita, semakin besar peluang kita untuk terbebas dari penyakit satu ini.
Berikut 7 (tujuh) tanda peringatan adanya kanker pada tubuh kita:
Pertama:
Change in bowel or bladder habit atau adanya perubahan pada buang air besar atau berkemih. Dimana perubahan ini bisa berupa susahnya buang besar, adanya perdarahan saat buang air besar, kesukaran buang air kecil, warna urine berubah atau adanya perasaan nyeri saat berkemih.

Kedua:
A Sore does not heal atau adanya luka yang tidak pernah sembuh. Walaupun, bukan tanda khas penyakit kanker (bisa penyakit diabetes melitus atau penyakit lain), tapi hal ini perlu menjadi perhatian karena seseorang dengan luka yang tidak pernah sembuh merupakan salah satu tanda adanya kanker.


Ketiga:
Unsual Bleeding or discharge from any body orifice atau perdarahan dan pengeluaran sekresi tidak lazim dari muara lubang tubuh. Perdarahan bisa melalui percikan ludah, bisa berupa mimisan, bisa juga keluar dari mata.
Keempat:
Thickening or a lump in the breast or elsewhere atau adanya penebalan atau benjolan di dalam payudara atau di area lain. Ini merupakan tanda yang khas pada tumor maupun kanker yang perlu diwaspadai.
Kelima:
Indigestion or difficulty in swallowing atau adanya gangguan pencernaan atau kesulitan menelan. Mulai dari sering buang air besar atau kesulitan buang air besar maupun adanya nyeri pada saat menelan, walaupun itu hanya berupa makanan lunak.
Keenam:
Obvious change in wart or mole atau adanya perubahan nyata pada kutil atau tahi lalat.
Ketujuh:

Nagging cough or hoaarseness atau batuk terus menerus atau suaranya parau.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: