Waspada! Ini Enam Gejala Yang Patut Diwaspadai Pada Stroke

Stroke? Membacanya saja sudah bergidik apalagi sampai mengalaminya. Jangan sampai kita terkena penyakit mematikan ini. dimana stroke ini dibagi menjadi dua kategori, yakni: Stroke Hemorogik (karena perdarahan) dan Stroke Non Hemorogik (karena penyumbatan).
Lalu, bagaimana caranya agar kita terhindar dari penyakit saraf ini? salah satu caranya adalah dengan mengetahui gejala dari penyakit stroke ini, dimana dengan mengetahui gejala penyakit ini kita bisa menangani penyakit ini dengan segera. Berikut gejala yang patut diwaspadai yang merupakan pertanda anda terkena penyakit stroke atau tidak. Berikut ini adalah enam gejala penyakit stroke yang patut anda waspadai:

1.   Rasa Kebas
Yakni ada perasaan kebas atau rasa kesemutan pada salah satu sisi tubuh, bisa tubuh kanan maupun tubuh kiri. Ini menandakan aliran darah pada salah satu bagian tubuh tidak teraliri dengan sempurna.
Sumber: Gambar

2.  Sempoyongan:
Dimana pada tahap ini penderita merasa pusing, perasaan tidak seimbang dan merasa tubuh goyang dan melayang.
3.  Senyum
Perhatikanlah saat anda tersenyum, apakah bibir kita masih simetris atau tidak. Atau bisa dilihat adanya kemiringan pada salah satu sisi bibir.
4.  Bicara
Biasanya salah satu ciri yang kentara pada penyakit stroke adanya kelainan bicara. Penderita biasanya kesusahan dalam mengeluarkan suara, walaupun bisa mengeluarkan suara biasanya cadel dan tidak jelas atau bahkan tidak nyambung.
5.  Rabun
Pada gejala penyakit stroke selanjutnya adalah adanya gangguan pada penglihatan penderita, dimana penderita bisa menderita rabun hingga bisa mengalami buta mendadak.
6.  Gerakan
Ini salah satu gejala yang khas pada penderita stroke. Biasanya penderita akan mengeluh tidak bisa menggerakkan atau lemah salah satu bagian (baik kiri maupun kanan) pada tubuhnya.

Itulah enam gejala penyakit stroke yang wajib anda ketahui dan waspadai, jika ada keluhan di atas sebaiknya segera datangi pelayanan kesehatan terdekat karena penangan stroke yang cepat dan tepat akan mempercepat proses penyembuhan penyakit mematikan ini.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: