Anda Suka Begadang? Inilah Akibatnya!

Bagi Anda yang suka begadang waspadalah! Karena kebiasaan ini diyakini tidak baik buat kesehatan Anda. Selama bertahun-tahun peneliti sudah menghubungkan antara begadang dengan resiko munculnya penyakit jantung, kencing manis, maupun pada metabolime pencernaan.
Selain itu, berjaga sampai larut malam ini juga menyebabkan konsentrasi di tempat kerja, bisa mengganggu ingatan bahkan kreativitas Anda. Begadang juga mengganggu proses regenerasi sel yang akan memunculkan gejala gampang capek, kurang fokus dan tentu saja mengganggu konsentrasi Anda. Dan parahnya lagi, begadang dapat memunculkan resiko depresi dan penyalahgunaan obat-obatan.


Apa lagi efek negatif dari bedagang? Berikut fakta begadang menurut beberapa penelitian:
Menurut penelitian yang dilakukan dinegeri Sakura, Jepang,  yang meneliti sekitar 24 ribu wanita yang berusia direntang 40 sampai dengan 79 tahun menemukan bahwa wanita yang tidurnya kurang dari enam jam sehari berisiko tinggi terkena kanker payudara lebih banyak daripada mereka yang tidur normal.
Penelitian yang dilakukan oleh Case western Reserve University di Cleveland dengan subyek sebanyak 1.240 menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam sehari berisiko terkena polip kolorektal.
Sebanyak 153 orang yang diteliti Carnegie  Mellon University menemukan fakta bahwa seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam semalam berisiko untuk terkena demam dan flu dibandingkan mereka yang tidur delapan jam atau lebih. Mengapa demikian? Karena selama tidur yang cukup tubuh kita memproduksi cytokine. Dimana cytokine adalah hormon untuk melawan infeksi. Maka wajar jika seseorang kurang tidur akan berpeluang terkena infeksi seperti demam maupun flu.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: