Cara Mudah Ini Menghindarkan Anda Dari Penyakit Varises

Anda sering menghabiskan waktu dengan duduk berlama-lama? Atau malah sering berdiri terlalu lama dipekerjaan Anda? Berhati-hatilah, karena Anda berpeluang besar untuk terkena varises. Walaupun kebanyakan orang menganggap sepele penyakit satu ini, tapi jangan salah penyakit varises ini merupakan penyakit yang cukup serius dan perlu di obati.
Seseorang dikatakan menderita penyakit varises jika pembuluh darah balik pada tungkai melebar, berkelok-kelok atau jika ada kerusakan pada katub pembuluh darahnya. Lalu, apa yang menyebabkan penyakit ini? Faktor yang berperan dalam timbulnya varises ini adalah: keturunan, jenis kelamin (wanita lebih banyak), obesitas dan tentu saja terlalu lama duduk dan berdiri.


Mengapa terlalu lama duduk dan berdiri menyebabkan kita berisiko terkena penyakit varises? Saat duduk atau berdiri kita berada dalam posisi statis yang mana posisi ini  menyebabkan aliran pembuluh darah baliknya melambat. Dimana aliran pembuluh darah balik ini dipengaruhi pompa otot. Jadi jika kita dalam posisi duduk atau berdiri terlalu lama maka otot dalam posisi yang statis atau diam saja, sehingga bila otot diam saja maka tidak akan ada aliran darah ke bagian atas tubuh sehingga darah menumpuk di bagian tertentu dan Inilah sebabnya kaki kita bisa bengkak yang ujung-ujungnya bisa berakibat munculnya varises.
Lalu, apa yang mesti dilakukan jika pekerjaan atau aktivitas kita mengharuskan untuk duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama? Tenang. Anda tak perlu khwatir, karena ada cara sederhana untuk menjauhkan Anda dari penyakit ini. Caranya jika sedang bekerja dan duduk lama usahakan untuk mengerak-gerakkan kaki Anda, seperti: mengangkat kaki kanan dan kiri secara bergantian.Bagaimana kalau diposisi berdiri? Caranya juga dengan mengerak-gerakkan kaki Anda, seperti: menggerakkan kaki kanan lalu disusul kaki kiri.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: