Kelebihan Dan Kekurangan Deposito Bagi Keuangan Anda

Bagi sebagian orang deposito bukanlah investasi yang menggiurkan. Bagaimana tidak, instrumen investasi ini dianggap memiliki bunga yang kalah jauh dibanding laju inflasi dan jauh lebih kecil dari investasi jenis lain. Tapi, walaupun memiliki beberapa kekurangan, deposito juga layak dilirik sebagai salah satu jenis investasi yang mendatangkan keuntungan bagi Anda.
Apa saja keunggulan atau kelebihan deposito ini? Berikut kelebihan deposito dibandingkan investasi jenis lain:
Pertama: dari segi keamanan, deposito jauh lebih unggul dalam hal aspek keamanan dibandingkan dengan instrumen investasi jenis lain, seperti: reksadana maupun saham. Resiko berinvestasi di deposito paling kecil, karena sampai saat ini deposito masih dijamin penuh oleh pemerintah. Selain dijamin LPS, sangat jarang kemungkinan sebuah bank besar dilikuidasi.

Kedua: deposito memiliki fleksibelitas yang tinggi. Dimana deposito sudah banyak yang ditawarkan dengan kemudahan untuk dapat dicairkan kapan dan dimana saja.
Ketiga: Deposito tidak dikenai biaya administrasi bulanan. Hal ini tentu saja berbeda dengan tabungan biasa. Jadi, uang pokok kita tidak akan pernah berkurang.
Keempat: deposito bisa dijadikan jaminan kredit. Jadi ketika hendak mengajukan kredit ke bank, deposito yang kita miliki dapat kita jadikan sebagai jaminannya.
Kelima: bunga deposito lebih tinggi dari bunga tabungan.
Lalu, apa kekurangan dari deposito ini? berikut tiga kekurangan deposito:
Pertama: Imbal balik rendah. Seperti disinggung di atas, deposito memang memiliki imbal balik yang kecil dibandingkan investasi jenis lain.
Kedua: jika kita menanamkan modal kita di deposito maka kita hanya bisa ‘diam’. Dimana investor hanya bisa pasif, lain halnya jika Anda berinvestasi di saham maupun jenis investasi lain yang mengharuskan Anda bergerak aktif untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.
Ketiga: walaupun, deposito tidak dikenai biaya administrasi bulanan, tapi bunga yang kita dapatkan akan dikenai pajak sebesar 20%.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: