Keuntungan Dan Kekurangan Bermain Reksadana

Reksadana. Mungkin kita sering mendengar kata ini. Tapi, mungkin banyak dari kita yang tidak paham apa itu reksadana. Dalam pengertian sederhana, reksadana dapat diartikan sebagai suatu tempat yang digunakan untuk menghimpun dana dari sejumlah orang yang memiliki dana untuk bersama-sama membeli portofolio efek dan menyerahkan pengelolaannya kepada ahlinya.
Apa saja keunggulan reksadana dibandingkan dengan investasi lain? Keunggulan reksadana adalah: modal tidak terlalu besar, Rp, 100 ribu saja sudah cukup untuk mengikuti reksadana ini. Bandingkan dengan bermain saham yang minimal membutuhkan Rp. 10 juta untuk memulainya. Potensi pendapatan lebih besar dari pada deposito, dimana pendapatan reksadana berkisar antara 7% sampai 15% pertahun sedangkan deposito berkisar 5% sampai 8% pertahun. Dikelola oleh para profesional, sehingga resiko oleh pemilik modal dapat dijaga dilevel tertentu dan cocok buat Anda yang sibuk. Keuntungan reksadana yang lain adalah: relatif aman karena dana terdiversifikasi. Selain itu, dana reksadana bisa dicairkan kapan saja.


Lalu, apa kekurangan dari reksadana ini? Kekurangan reksadana adalah: dana tidak dijamin asuransi seperti halnya deposito, selain itu reksadana peluang rugi jika Manajer Investasi (MI) tidak piawai mengelola dana dan nilai aktiva bersih berfluktuasi.
Hal apa yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi di reksadana ini? Sebelum kita membeli reksadana, harus tetapkan dulu apa tujuan investasi kita. Jika anda tidak punya rencana, niscaya reksadana yang Anda beli tidak akan menghasilkan hasil yang optimal.
Setelah tahu tujuan kita berinvestasi, tentukan juga jangka waktu investasinya, bisa: jangka pendek (3 tahun), jangka menengah (3-7 tahun) dan jangka panjang (diatas 7 tahun). Setelah tujuan dan jangka waktu investasi, sebaiknya anda mencocokkan tujuan tersebut dengan jenis reksadana berdasarkan isi porfolionya. Yang mana isi porfolio itu berupa: reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham dan reksadana campuran.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: