Sepuluh Cara Menilai website Kesehatan Dapat Dipercaya Atau Tidak

Jumlah situs website yang memberikan informasi kesehatan bertambah setiap harinya. Banyak dari website tersebut memberikan informasi yang berguna dan berharga, tapi tidak sedikit juga website yang memmberikan informasi yang tidak dapat dipercaya atau bahkan menyesatkan. Pertanyaan –pertanyaan berikut ini dapat membantu Anda mengevaluasi informasi yang Anda dapatkan.
Berikut sepuluh hal yang harus Anda ketahui mengenai website berisi informasi kesehatan yang dapat Anda percayai atau tidak:
1.   Siapa yang mengelola situs ini?
Ini merupakan pertanyaan pertama yang wajib Anda ketahui. Mengapa? Dengan mengetahui pengelola situs atau website ini  Anda tahu siapa yang bertanggung jawab untuk mengelola situs dan informasi kesehatan yang diberikan. Apakah website ini merupakan website perorangan? website profesional? Apakah orang ini merupakan seorang tenaga kesehatan? Atau seorang pelajar menegah pertama?
Dengan mengetahui pengelola situs akan memberikan gambaran kevalidan sebuah informasi kesehatan yang diberikan. Bisa dipercaya atau tidak?

2.  Siapa yang membayar situs ini?
Situs website tidaklah murah dan siapapun yang mendanainya juga bisa mempengaruhi tampilan isi, apa yang disajikan dan apa yang ingin disajikan oleh pemilik situs web dari pembacanya. Sebagi contoh: alamt web dengan akhiran ‘gov atau go.id’ menunjukkan situs ini disponsori pemerintah.
3.  Apa tujuan dari situs web ini?
Apakah tujuan dari website ini? apakah untuk memberitahu? Mendapatkan informasi dari anggota? Atau sekedar melayani kebutuhan umum?
4.  Dari manakah informasi ini berasal?
Banyak situs web kesehatan, kedokteran,keperawatan menuliskan informasi yang diambil dari sumber atau situs lainnya. Jika orang atau organisasi yang menuliskan bukan pencipta informasi tersebut, maka sumber asli informasi harus dikutip.
5.  Apakah dasar informasi yang tertulis tersebut?
Selain mencari tahu siapa yang membuat tulisan yang Anda baca, situs juga harus menjelaskan bukti atau sumber tulisannya. Fakta-fakta dan gambar medis harus dikutip asalnya (misalnya jurnal kedokteran). Selain itu, opini atau saran harus dipisahkan dari informasi yang evedince based (yaitu yang berdasarkan hasil penelitian).

6.  Bagaimana tampilan informasi pada situs ini?
Apakah materi sudah dibahas oleh suatu tim profesional ahli atau dewan editor sebelum ditampilkan.
7.  Seberapa baru informasi ini?
Informasi medis dan kesehatan seringkali berubah. Situs website yang dapat dipercaya akan menampilkan tanggal informasi dan kapan tanggal terakhir direvisi.
8.  Bagaimana situs ini memiliki hubungan (link) dengan situs web lainnya?
Hubungan dengan situs web lainnya umumnya ditentukan oleh peraturan situs web dan berdasarkan tujuan, sumber dana, dan maksud dari pemilik situs.
9.  Apa informasi yang Anda butuhkan dikumpulkan disitus ini?
Situs web secara rutin menelusuri jalur yang digunakan pengunjung untuk menentukan halaman mana yang digunakan (biasanya perkatogeri). Setiap situs kesehatan yang dapat dipercaya biasanya menyediakan halaman untuk berlangganan (subscibe). Pastikan Anda membaca dan mengerti setiap peraturan privasi (privasi policy) dalam situs dan jangan menyetujui hal-hal yang Anda tidak pahami sepenuhnya.
10.Bagaimana situs ini mengatur interaksi dengan pengunjung?
Situs yang baik biasanya selalu memberikan Anda kontak pemilik situs, sehingga apabila memiliki masalah Anda dapat dengan mudah menghubungi pemilik website ini. Jika terdapat chat room atau ruang diskusi online maka biasanya akan dijelaskan aturan dalam menggunakan layanan ini.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: