Tujuh Fakta Mengejutkan Dari Kegemukan

Makan adalah suatu keharusan bagi manusia. Dimana makanan akan memenuhi zat gizi yang diperlukan bagi tubuh. Tapi, di masyarakat kita saat ini makanan bukan hanya sebagai pemenuhan akan kebutuhan hidup, tapi lebih condong sebagai ‘pemuas’ nafsu diri. Dan tentu saja ini dapat meningkatkan tingkat obesitas di dunia.
Berbagai program mencoba untuk meningkatkan kesadaran dimasyarakat akan bahayanya obesitas atau kegemukan pada manusia, tapi tingkat obesitas tetap juga tidak turun. Namun, bukan berarti  obesitas muncul hanya karena makan berlebihan. Banyak faktor lain juga dapat berperan di dalamnya.

Jika tren ini berlanjut, bukan tidak mungkin tingkat kematian akan meningkat drastis dikarenakan obesitas. Karena seperti kita tahu, obesitas memainkan peranan penting dalam munculnya berbagai penyakit mematikan di dunia, seperti: penyakit diabetes, stroke hingga penyakit jantung.

Anda penasaran dengan obesitas  ini? Berikut beberapa fakta mengejutkan tentang obesitas:
Fakta  Pertama:
Sebuah penelitian mengatakan bahwa 78% dari orang gemuk makan di luar rumah. Hal ini tentu saja sesuai dengan beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa makanan ‘rumahan’  lebih sehat dari pada makanan diluar rumah, seperti: kafe, warung kaki lima bahkan hingga restoran bintang lima.
Fakta Kedua
Sebuah studi mengungkapkan bahwa diet ayah dapat mempengaruhi kebiasaan makan dan kesehatan pada bayi. Itulah sebabnya mengonsumsi makanan sehat sebelum konsepsi sangat disarankan.
Fakta Ketiga:
Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan obesitas. Jika Anda tidur sangat kurang selama seminggu, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan setidaknya kenaikan berat badan sekitar 1-2 pound!
Fakta Keempat:
Statistik menunjukkan bahwa jumlah orang mati di dunia ini karena obesitas jauh lebih tinggi daripada orang-orang yang mati karena kekurangan makanan.
Fakta Kelima:
Pada negara-negara maju, hanya orang-orang yang tidak berpendidikan mengalami obesitas karena kurangnya kesadaran. Tapi di negara-negara berkembang, justru sebaliknya, orang berpendidikan dan berpenghasilan cukuplah yang cenderung mengalami kegemukan, sedangkan orang yang tidak berpendidikan dan miskin menderita masalah gizi buruk.
Fakta Keenam:
Jika Anda seorang pemakan daging maka ini mungkin mengejutkan Anda. Ayam yang tersedia di pasaran saat ini dikatakan mengandung kadar tinggi lemak (hampir 250% lebih dari kandungan lemak dalam ayam 3-4 dekade lalu).
Fakta Ketujuh:
Studi lain mengklaim bahwa orang yang mengkonsumsi burger, keripik dan minuman manis perlu berjalan selama hampir 5 jam di stretch untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuhnya!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: