Tujuh Hal Yang Dapat Menyebabkan Seseorang Pingsan

Pingsan terjadi ketika Anda kehilangan kesadaran untuk waktu singkat karena otak Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Istilah medis untuk pingsan adalah sinkop. Meskipun pingsan tidak  mengkhawatirkan dan menimbulkan masalah kesehatan yang serius, lebih baik jika Anda mengetahui penyebab  penurunan tiba-tiba dalam kesadaran ini.
Studi menunjukkan bahwa kebanyakan orang juga menderita serangan vasovagal atau neurally-dimediasi sinkop yang merupakan jenis umum dari pingsan. Jenis serangan biasanya terlihat pada anak-anak dan dewasa muda. Sebuah serangan vasovagal terjadi karena penurunan tekanan darah, mengurangi sirkulasi ke otak dan menyebabkan hilangnya kesadaran.
Lalu apa saja yang dapat menyebabkan pingsan ini? berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang untuk pingsan:

1.   Masalah Tekanan Darah
  Tekanan darah rendah adalah kondisi yang berbahaya dan dapat menyebabkan Anda pingsan. Masalah ini juga dapat disebakan oleh  hipoglikemia (kurang gula darah), yang mana mengharuskan seseorang untuk tidak melewatkan makan karena melewatkan makanan dapat menyebabkan penurunan kadar gula dan tekanan dalam tubuh.

2.  Berdiri  Terlalu Cepat
Berdiri terlalu cepat bisa membuat  darah terburu-buru mengalir ke kaki tanpa pergi ke otak, sehingga membuat Anda merasa seperti pingsan. Sebaiknya hindari bangun dari tempat tidur atau kursi dengan cara terburu-buru.
3.  Stress
Hipertensi merupakan salah satu pembunuh utama dan alasan mengapa banyak orang menderita beberapa masalah kesehatan. Hal ini diperlukan untuk menjaga agar stres dapat terkendali. Karena stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan masalah lain selain membuat Anda pingsan.
4.  Emosional
Sebuah situasi yang luar biasa dapat menyebabkan emosi pada Anda, dimana dengan emosi yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah yang tinggi (hipertensi). Dan seperti kita ketahui, hipertensi dapat menyebabkan Anda jatuh pingsan.
5.   Lapar
Mengapa lapar dapat menyebabkan Anda pingsan? Karena jika kita lapar, maka bahan bakar untuk otak kita akan berkurang, sehingga memudahkan kita untuk pingsan.
6.  Aliran darah kurang lancar
Kelainan ini disebabkan oleh  gangguan aliran normal darah ke otak. Bisa jadi karena adanya sumbatan, bisa juga karena adanya perdarahan.Gangguan ini bisa menempatkan Anda pada terkena penyakit stroke.
7.  Masuk Trimester pertama Kehamilan
  Merasa seperti berkunang-kunang adalah salah satu tanda kehamilan. Ada baiknya anda segera mengambil tes kehamilan di rumah untuk mengetahui anda hamil atau tidak.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: