Cara Mudah Dan Cepat Menghitung Masa Subur Pada Wanita

Bagaimana menghitung masa subur pada wanita? Itulah salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan bagi pasangan yang ingin cepat mempunyai anak. Dimana dengan mengetahui masa subur ini, pasangan suami istri dapat menentukan kapan waktu sebaiknya melakukan hubungan yang akan meningkatkan peluang untuk mempunyai momongan.
Perhitungan masa subur pada wanita dengan siklus haid 28 hari kira-kira 14 hari menjelang haid yang akan datang. Ada cara lain yang lebih teliti dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan adalah dengan pengukuran suhu basal tubuh.

Dimana pengukuran suhu basal tubuh ini dapat diukur melalui termometer digital atau air raksa khusus untuk mengukur suhu basal tubuh (suhu maksimal sampai 38 derajat celcius). Biasanya, pada paket penjualan akan disertakan lembar pengukuran suhu basal tersebut.

Pengukuran suhu basal badan harus selalu dilakukan pagi hari, setelah bangun tidur, sebelum Anda turun dari tempat tidur dan sebelum Anda beraktivitas. Hal ini dilakukan setiap pagi.
Lalu, bagaimana cara menggunakan termometer digital untuk mengukur suhu basal tubuh ini? seperti dijelaskan di atas yaitu: pada waktu jam yang sama (pagi hari, setelah bangun tidur, sebelum Anda turun dari tempat tidur dan sebelum Anda beraktivitas) termometer diletakkan di bawah lidah dan tutuplah mulut Anda dan biarkan selama tiga menit.
Perlu diingat untuk mendapatkan hasil yang cerman dan maksimal, janganlah Anda tidur di dekat jendela yang terbuka, di bawah sinar matahari, dekat lampu yang menyala,alat pendingin, alat pemanas dan lain-lain yang bisa mempengaruhi pengukuran suhu Anda. Bila sudah mencapai tiga menit, bacalah suhu tadi bersama suami kemudian catat dalam lembaran khusus yang tersedia.
Pencatatan selalu dimulai dari haid yang pertama  sampai haid pada siklus berikutnya. Suhu badan basal biasanya berkisar antara 36-37 derajat celsius. Lalu, kapan masa subur datang? Biasanya, masa subur datang pada siklus hari ke 11 sampai 21. Dimana diantara hari itu akan ada penurunan suhu yang diikuti kenaikan suhu yang relatif konstsn.
Saat itulah yang disebut dengan sebagai masa ovulasi (masa subur), saat dimana sel telur keluar dari indung telur (ovarium) dan siap dibuahi. Sperma akan bertahan selama 24 jam dan ovum akan bertahan selama 48 jam. Bagaimana? Mudah bukan menghitung masa subur? Selamat mencoba dan semoga sukses dalam memperoleh keturunan.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: