Cara Terampuh Dalam Mengatasi Stres

Stres? Siapa yang tidak pernah mengalaminya, baik muda maupun tua pernah merasakan perasaan ini. Sebenarnya, mengalami stres dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang wajar, tapi jika sudah melampau ambang batas kewajaran, stes bisa menjadi boomerang bagi seseorang.
1.   Temukan Alasan:
Ketika Anda mengalami stres yang berkepanjangan, ada baiknya Anda memikirkan faktor apa yang menyebabkan Anda mengalami stres. Karena, ketika Anda menemukan penyebab stres yang menyiksa Anda, maka Anda satu langkah lebih dekat untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

2.  Lakukan Yang terbaik:
Alasan utama dari stres adalah ketidakmampuan mengontrol kehidupan keseharian Anda. Salah satunya adalah Anda tidak dapat mengontrol pandangan orang terhadap diri Anda. Jadi, jangan memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda, tapi pikirkan bagaimana bisa berbuat yang terbaik.
3.  Dengarkan kata hati Anda:

Ya, itu tidak mudah. Tapi, ketika Anda bisa, mengapa tidak dilakukan? Misalnya, Anda benar-benar stres dengan pekerjaan Anda. Jauhkan pikiran tersebut dan dengarkanlah musik favorit Anda. Anda bisa mengalahkan stres dan mendapatkan energi kembali.
4.  Belajar Manajemen Waktu:
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres. Mulai sekarang manajemenkan waktu Anda, kalau perlu buatlah daftar harian Anda. Tulis apa yang akan Anda kerjakan untuk setiap jamnya.. Dengan demikian, hidup Anda tertata dengan baik dan Anda bisa menikmati hidup.
5.     Belajar Dari Kesalahan Anda:
Bila Anda sedang mencari cara alami untuk mengatasi stres, coba cara ini. Semua orang membuat kesalahan. Anda bisa menang dari stres, jika Anda belajar dari itu dan tidak menyerah untuk itu.
6.  Mendengarkan Musik:
  Musik dikenal sebagai penyembuh terbaik untuk setiap jenis situasi stres. Jika Anda sedang stres berat, istirahat dan mendengarkan lagu favorit Anda.
7.  Diet sehat:
Apakah Anda tahu bahwa tingkat stres dan diet sangat terkait erat? Ketika Anda stres, Anda biasanya lebih memilih makan-makanan yang manis, berlemak, makanan ringan dan minuman yang mengandung kafein. Untuk kesehatan, ada baiknya Anda memilih buah-buahan dan sayuran dan ikan dengan asam lemak omega-3. Selain sehat, makanan tadi juga sangat efektif  menghilangkan stres.
8.  Istirahat yang cukup:
Istirahat yang cukup adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meredam stres. Para ahli menyarankan untuk tidur 7-8 jam  per hari. Mandi air hangat sebelum tidur, menjaga pencahayaan ketika Anda tidur dan mematikan laptop dan TV lebih awal dari satu jam dari waktu tidur adalah beberapa langkah agar Anda cepat tertidur.
9.  Tertawa Dengan Keras:
Tertawa bertanggung jawab untuk melepaskan endorfin yang mengangkat suasana hati Anda; dan juga mengurangi pelepasan hormon stres kortisol. Sehingga dengan tertawa, Stres yang Anda alami akan berkurang atau mungkin bisa hilang.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: