Cara Terbaik Membuat Pasword Yang Kuat Dan Susah Untuk Diretas

Bagaimana cara membuat pasword yang aman dan kuat? Seperti kita ketahui membuat pasword yang susah diretas sangatlah susah. Sebagai perbandingan saja, ditahun 2012 lalu sebanyak enam juta pasword akun profesional Linkedian serta 58 ribu lebih akun twitter dibobol oleh hacker.
Untuk itu kita harus berhati-hati dalam membuat pasword. Jangan terlalu mudah, jangan terlalu rumit karena bisa membuat kita lupa. Cara yang paling mudah meningkatkan kekuatan pasword adalah dengan menambah jumlah huruf , angka, serta memasukkan simbol khusus.

Bagaimana caranya agar pasword yang kita buat itu susah diretas tapi mudah untuk kita ingat. Caranya sangat mudah. Apabila pasword digunakan untuk membuat email, Anda dapat memasukkan beberapa karakter. Misalnya nama Anda Fatur, Anda dapat menggunakan nama Anda, tapi ingat nama anda saja tidak cukup. Anda juga harus menambahkan nama lain, misalnya nama kekasih Anda, misalnya namanya Meli. Dua karakter itu masih mudah dibobol oleh karena itu masukkan juga tanggal lahir Anda, tahun lahir Anda atau tanggal jadian Anda bersama kekasih. Untuk memperkuat pasword tersebut tambahkan simbol khusus, misalnya + sebagai tanda persatuan jiwa antara anda dan pasangan dan bisa ditambahkan lagi simbol = sebagai hasil cinta Anda, sebagai contoh inilah pasword itu: misalnya Fatur02+meli=c1nt4.

Tapi, ini hanya sebagai contoh. Anda bisa memodifikasinya dengan cara lain. Karena dengan karakter tersebut, para hacker akan kesusahan dalam membobol pasword Anda. Karena seorang hacker akan memerlukan waktu yang lama untuk dapat membobolnya. Sebagai perbandingan: pasword 10 karakter dengan simbol khusus kemungkinan kombinasi mencapai 171.269.557.687.901.638.419. yang mana dengan kemungkinan kombinasi tersebut membutuhkan 54,46 juta abad dengan bantuan aplikasi web yang berkemampuan membuat 1.000 tebakan/detik (secara online).
Dan memerlukan sekitar 54,46 tahun dengan bantuan komputer server yang berkemampuan membuat 100 miliar tebakan/detik (secara offline).
Loading...

Subscribe to receive free email updates: