Tujuh Fakta Penting Tentang Virus Zika Yang Perlu Anda Ketahui

Virus Zika telah menjadi  berita yang paling populer akhir-akhir ini. Virus yang telah dikategorikan sebagai darurat internasional oleh Organisasi Kesehatan Dunia ini menjadi salah satu virus mematikan yang ada di dunia. Hampir setiap negara berisiko terkena wabah virus zika ini. Terutama, ketika orang yang terinfeksi dengan  virus ini pergi dari satu negara ke negara lain, mereka dengan cepat dapat menularkan penyakit ini kepada orang lain.
Lalu, apa sebenarnya virus Zika ini? Berikut 7 Fakta penting perihal Virus Zika yang harus Ana ketahui:
Fakta # 1:  Virus Zika umumnya ditularkan ketika "nyamuk Aedes" menggit seorang individu dengan infeksi aktif virus Zika. Setelah itu, ia akan mengirimkan virus zika tersebut kepada orang lain ketika menggigit orang lain.

Fakta # 2: Virus Zika Bisa Menyebar melalui hubungan badan dengan orang yang telah terinfeksi virus zika. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan kondom untuk melindungi diri Anda dari terinfeksi.
Fakta # 3:  Virus Zika memiliki gejala ringan, beberapa gejala yang paling umum  adalah sakit kepala, demam, nyeri sendi, ruam, nyeri otot dan konjungtivitis (peradangan pada konjungtiva). Semua gejala ini terus berlangsung selama sekitar 2-7 hari. Jika menemui gejala tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter pilihan Anda. Yang mana dokter pilihan Anda tersebut dapat merekomendasikan Anda beberapa obat-obatan yang dapat membantu dalam mengurangi beberapa gejala yang Anda derita.

Fakta # 4: Belum Ada Vaksin Untuk  Virus Zika. Pada saat ini para peneliti dari seluruh dunia sedang berjuang untuk membuat vaksin virus zika. Karena tidak ada vaksin yang tersedia untuk zika, Anda harus menghindari bepergian ke tempat-tempat di mana virus zika menyebar. Kenakan pakaian yang bisa menutupi tubuh Anda sepenuhnya, seperti celana panjang dan kemeja lengan panjang untuk menghindari gigitan nyamuk.
Fakta # 5: Bayi-bayi yang belum lahir dengan virus zika mungkin menderita microcephaly (kepala kecil), yang dapat menyebabkan keterbelakangan mental, keterlambatan bicara serta keterlambatan dalam pertumbuhan dan gerakan.
Fakta # 6: Virus Zika Berasal Di Afrika, dimana virus ini awalnya disebut ZIKV dan ditemukan pada tahun 1947 di sebuah hutan bernama Zika di Uganda .

Fakta # 7: Cara terbaik Pencegahan Zika Apakah adalah dengan memutus mata rantai siklus perkembangbiakan nyamuk. Bisa dengan cara: Menguras tempat penyimpanan air, Menutup tempat penampungan air, membuang dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air, memasang kawat anti nyamuk diseluruh ventilasi rumah, memasang kelambu, memakai lotion anti nyamuk dan mengenakan pakaian yang dapat melindungi anda dari gigitan nyamuk.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: