Apakah Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan Seseorang?

Seringkali seseorang ingin menurunkan berat badan melalui cara berpuasa. Lalu, bisakah berpuasa menurunkan berat badan seseorang? Jawabannya bisa iya dan bisa juga tidak.
Puasa akan berhasil menurunkan berat badan seseorang, jika individu tersebut tidak kalap dan makan banyak ketika berbuka puasa. Dimana makan ‘secukupnya’ saja. Jangan sementang-mentang seharian tidak makan berbagai makanan kita langsung melahap makanan yang tersedia di meja makan. 
Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, setelah sholat isya (Tarawih jika berlangsung di bulan ramadhan) dianjurkan untuk tidak menambah makan lagi. Tapi, jika lapar anda bisa mengkomsumsi buah saja.

Pada dasarnya menurunkan berat badan, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan. Apa saja itu? Yaitu mengurangi energi yang masuk dan memperbanyak energi yang keluar. Dan kedua hal tersebut bisa tercapai melalui puasa yang ‘benar’. Dimana kalau sahur normal, buka dengan normal berat badan akan bisa turun karena waktu makan kita juga tidak sebanyak hari biasa.

Akan lebih efektif lagi jika dibarengi dengan olahraga. Untuk menghindari terjadinya dehidrasi, sebaiknya olahraga dilakukan pada sore hari. Utamanya dekat dengan waktu buka puasa. Atau bisa juga berolahraga setelah buka puasa.

Sedangkan puasa tidak berhasil menurunkan berat badan jika setelah berbuka anda memasukkan banyak makanan ke tubuh anda. Karena ini sama saja pemasukan dan pengeluaran energi sama atau malah berlebihan. Bukannya, berat badan anda yang turun yang ada malah berat badan anda yang bertambah.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: