Cara Membuat Obat Demam Berdarah Berbahan Jambu Biji

Demam berdarah termasuk salah satu penyakit mematikan di Indonesia. Berbagai cara ditempuh untuk menekan jumlah kematian akibat demam berdarah ini. Nyatanya penyakit ini sangat susah untuk diberantas. Salah satu sebabnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Padahal kalau masyarakat menerapkan prinsip 3 M yang dicanangkan pemerintah, niscaya penyakit ini akan susah untuk berkembang biak.
Selain faktor kurangnya kebersihan lingkungan, faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat akan penyakit demam berdarah ini, sehingga masyarakat sering membawa keluarganya berobat setelah penderita dalam keadaan kritis. Hal inilah yang menyebabkan demam berdarah atau DBD menelan banyak korban jiwa, utamanya pada anak-anak dan balita.

Salah satu tindakan terbaik apabila ada keluarga anda yang demam adalah memeriksakannya dengan dokter keluarga anda. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada penderita dan menanyakan beberapa pertanyaan seputar demam yang dialami. Dari kedua tindakan tersebut akan diputuskan apakah akan dilakukan pemeriksaan darah atau tidak. Jika dilakukan pemeriksaan darah, pada demam berdarah biasanya akan mengalami penurunan pada leukosit dan trombosit. Tapi, jika baru hari pertama maupun hari kedua trombosit biasanya belum terjadi penurunan.

Sebenarnya, selain tindakan diatas, Anda bisa melakukan pengobatan secara alami melalui daun jambu biji dan jambu biji sendiri. Yang mana keduanya merupakan pengobatan alami yang terbukti menaikkan trombosit dalam darah. Dimana hal ini sesuai dengan hasil uji preklinik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)bersama Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair), yang menunjukkan ekstrak daun jambu biji berpotensi sembuhkan demam berdarah.
Lalu, bagaimana cara membuat resep untuk pengobatan demam berdarah melalui jambu biji? Berikut cara membuat resep demam berdarah berbahan jambu biji:
Cara membuat:
1.   Cara pertama: Pilih jambu merah yang masak. Cuci hingga bersih lalu blender. Hasil blender tadi yang berupa jus diminum seperlunya.
2.  Cara kedua: siapkan 10 lembar daun jambu biji. Lalu rebus dalam dua gelas air hingga tinggal satu gelas. Kemudian air rebusan yang sisa satu gelas inilah yang diminum sampai habis. Untuk anak-anak, cukup setengah gelas saja.
3.  Cara ketiga: siapkan kulit batang jambu biji sebanyak 2 jari. Tambahkan 2-3 gelas air dan rebus hingga air tinggal setengahnya. Setelah dingin diminum 1-2 kali sehari.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: