Cara Mudah Untuk Mencapai Hidup Yang Sehat

Bagaimana cara hidup sehat? Semua orang pasti menginginkan kesehatan, baik itu jasmani maupun rohani. Lalu, apakah sehat itu? Secara umum sehat merujuk pada kesehatan mental dan fisik yang berkenaan dengan gaya hidup sehat.
Gaya hidup sehat sendiri memang lebih gampang di ucapkan dari pada dilakukan. Ambil contoh seseorang ingin terbebas dari kolesterol tinggi. Tapi, kenyataannya banyak yang melanggar makanan yang mesti dikomsumsi dan mesti dihindari dalam kesehariannya, seperti: anjuran untuk memakan-makanan sayur dan buah yang dilanggar dengan memakan-makanan cepat saji dan berlemak.

Adapun alasan mengapa lebih memilih makanan tidak sehat dibandingkan makanan sehat, diantaranya adalah: sulitnya mendapatkan makanan sehat dan ketidakmampuan menyiapkan makanan sehat. Padahal kedua alasan tersebut dapat disiasati jika kita bersungguh-sungguh ingin hidup sehat.

Memang menjalani hidup sehat bukanlah perkara mudah, menurut beberapa penelitian ada beberapa tantangan yang mesti dihadapi untuk mencapai hidup sehat, seperti: sulit mendapatkan makanan sehat, minuman yang banyak mengandung gula, ketiadaan fasilitas olahraga didekat rumah, tidak mampu menyiapkan makanan sehat, bosan saat berolah raga dan tidak begitu paham cara untuk hidup sehat.
Biasanya seseorang baru mau memulai hidup sehat, jika: merasa mudah lelah, sulit tidur, sering sakit, kehilangan selera dan jantung berdebar-debar. Oleh karena itu dalam mencapai hidup sehat sebaiknya terapkanlah mulai sekarang jangan menunda-nunda. Jika ingin makan, pilihlah makanan yang sehat seperti buah ketimbang camilan yang beredar di pasaran. Memilih ikan dibandingkan makanan cepat saji yang terlihat mewah.

Selain makanan, olahraga juga memegang peranan penting dalam terciptanya hidup sehat. Berikut 10 jenis olahraga yang dilakukan minimal 1 minggu sekali: Joging, menari, tinju, pilates, berlari, bersepeda, meditasi, beladiri, aerobik dan zumba. Tapi ingat, ke 10 olahraga tersebut harus memperhatikan usia dan penyakit yang diderita. Karena salah memilih olahraga, nyawa taruhannya! Ambil contih seseorang yang berusia lanjut dengan riwayat penyakit jantung tidak akan cocok jika melakukan lari sejauh 1 km. Bukannya sehat yang ada malah menambah penyakit!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: