Cara Yang Paling Tepat Mengatasi Gigitan Ular

Apa yang harus dilakukan jika seseorang tergigit ular? – Kadang kecelakaan datang secara tiba-tiba, salah satu contohnya adalah terkena gigitan/patokan ular. Tentu saja hal ini membutuhkan penanganan segera, karena akan mengancam kehidupan kita.
Lalu, bagaimana cara penanganan gigitan ular? Berikut cara mudah dan efektif mengatasi gigitan ular:
1.   Identifikasi ular yang menggigit kita tersebut. Apakah ular yang menggigit kita tersebut merupakan ular yang berbisa atau tidak.  Untuk itu kita dengan sangat terpaksa boleh membunuh ular tersebut untuk identifikasi. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena biasanya seseorang yang digigit ular berbisa akan diberikan antibisa ular (ABU) di Rumah Sakit. Tapi, jika ular yang menggigit Anda bukanlah ular berbisa, pemberian ABU bukan hanya tidak perlu diberikan, tapi pemberian ABU juga akan memperburuk kondisi korban jika disuntikkan.

2.  Ketika tergigit ular, segera pasang perban elastis di organ terdekat gigitan. Ambil contoh, ketika tangan Anda yang tergigit, pasang perban elastis di lengan bawah. Mengapa hal ini dilakukan? Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran bisa ke area lain.

3.  Jika memungkinkan netralkan racun dengan air panas dengan suhu sekitar 75 derajat celcius (kira-kira sama dengan suhu air panas dari air dispenser). Misalnya yang tergigit ular adalah area kaki, rendam di dalam air hangat.
4.  Yang perlu Anda lakukan sesegera mungkin adalah pergi ke rumah sakit terdekat. Jika yang menggigit Anda adalah ular yang tidak berbisa usahakan organ yang tergigit berada di atas jantung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi perdarahan.

Tapi, jika yang menggigit adalah ular yang berbisa, usahakan organ yang tergigit berada di bawah jantung supaya racun tidak cepat menyebar.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: