Ramuan Tradisional Dalam Mengobati Demam Pada Anak

Seringkali kita panik ketika melihat anak demam. Dalam penanganan pertama biasanya kita langsung membeli obat warungan untuk mengatasi demam anak tersebut. Bisa juga dengan dengan mendatangi dokter keluarga agar masalah demam teratasi dengan segera. Sebenarnya cara di atas sah-sah saja kita lakukan, tapi ada baiknya sebelum melakukan tindakan di atas, kita terlebih dahulu mengobati demam anak dengan bahan alami yang ada di sekitar kita. Selain berharga terjangkau, pemakaian ramuan tradisional ini juga jauh dari efek samping yang tentu saja tidak didapatkan dalam obat dipasaran.
Salah satu tanaman yang ada disekitar kita yang dapat membantu menurunkan demam pada anak adalah: bawang merah. Ya, tanaman yang biasa menemani masakan ini sangat efektif untuk menurunkan panas anak. Dimana pada bawang merah ini terkandung flavoglikosida yang berkhasiat sebagai antiradang dan pembunuh bakteri.

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan demam anak melalui bawang merah ini? Berikut cara membuat ramuan/obat herbal untuk menurunkan demam anak:

Pertama siapkan 2 – 3 bawang merah. Kupas lalu cuci hingga bersih. Kemudian parut bawang merah yang sudah bersih tadi. Kemudian siapkan 2 sendok makan minyak goreng, ½  sendok makan minyak kayu putih dan air perasan seiris jeruk nipis atau bisa juga diganti dengan asam jawa.
Lalu campurkan kesemua bahan tadi, lalu gosokkan ke ketiak, punggung, dan perut. Kalau panas tinggi, gosokkan ke kepala, ketiak dan semua lipatan badan, perut,  telapak kaki, dan bagian badan yang panas.
Demikianlah pengobatan tradisional untuk menurunkan demam (panas). Semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan kita semua. Amiin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: