Bagaimana Cara Mengetahui Gejala Stroke? Dan Bagaimana Cara Mencegah Stoke?

Stroke? Siapa yang tidak mengenal penyakit mematikan ini? Tua muda bisa terserang penyakit ini. Untuk itulah diperlukan tindakan segera dalam penanganan stroke, dimana cara terbaik dalam penanganan stroke ini adalah dengan cara pencegahan dan mengenali gejala dari penyakit stroke. Lalu bagaimana caranya mencegah penyakit stoke ini? Bagaimana pula cara mengetahui gejala stroke yang membutuhkan perawatan gawat darutat?
Pencegahan stroke masih merupakan terapi terbaik. Berikut ini adalah kondisi paling penting yang dapat diterapi terkait dengan penyakit stroke:
1.   Obatilah hipertensi/tekanan darah tinggi: untuk mengobati hipertensi dapat ditempuh berbagai cara, seperti: menjaga pola makan (dengan menghindari makanan yang banyak mengandung garam tinggi, makanan berlemak, makanan cepat saji, dll), rutin berolah raga, menghindari stres, dan cukup istirahat/tidur. Selain menerapkan pola hidup sehat, Anda juga mesti rutin memeriksakan tekanan darah Anda kedokter kepercayaan Anda. Biasanya jika tekanan darah Anda tinggi, dokter akan memberikan obat penurun tekanan darah kepada Anda.

2.  Berhentilah merokok: Anda pasti tahu mengapa Anda harus memberhentikan kebiasaan buruk ini. Berbagai zat beracun yang terkandung dalam rokok memang terbukti ‘ampuh’ merusak tubuh Anda, yang ujung-ujungnya menyebabkan serangan penyakit stroke!

3.  Obatilah penyakit jantung: penyakit jantung dan penyakit stroke merupakan penyakit yang saling terkait, yang biasanya disebabkan oleh sumbatan di pembuluh darah. Oleh karena itu dengan mengobati penyakit jantung, Anda juga dapat mengobati penyakit stroke. Bagaimana caranya? Cara pengobatan terbaik penyakit jantung hampir sama dengan hipertensi, yakni: menjaga pola makan, rutin berolahraga, cukup istirahat/tidur, menghindari stres dan rutin memeriksakan kondisi jantung Anda ke dokter keluarga Anda.
4.  Mengontrol diabetes/kencing manis: walaupun sampai saat ini penyakit diabetes belum bisa disembuhkan, tapi Anda tidak perlu kwatir, karena penyakit ini dapat Anda kendalikan dengan cara menerapkan hidup sehat. Karena dengan mengontrol diabetes sama halnya dengan menunda komplikasi yang dapat meningkatkan resiko stroke.
5.  Cari bantuan jika terjadi Transient Ischemic Attacks (TIA). Apa itu TIA? Transient Ischemic Attacks (TIA) adalah  serangan stroke ringan yang hanya berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam. TIA tidak boleh diabaikan dan bisa diterapi dengan obat-obatan atau pembedahan.
Lalu, apa gejala dari penyakit stroke yang membutuhkan perawatan gawat darurat:
1.   Rasa baal atau kelemahan mendadak pada satu sisi wajah, lengan atau tungkai (kaki).
2.  Kebingungan mendadak atau sulit bicara atau justru sulit mengerti pembicaraan.
3.  Gangguan penglihatan mendadak pada satu atau kedua mata.
4.  Kesulitan berjalan, pusing atau ketidakseimbangan atau hilang koordinasi mendadak.
5.  Sakit kepala berat mendadak tanpa penyebab khusus yang diketahui.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: