Inilah Rahasia Kekuatan Laser Yang Mampu Membelah Benda Terkeras Dimuka Bumi

Sinar laser? Pasti Anda tidak asing dengan kata ini. Dimana penampakan sinar laser ini sering kali kita saksikan di televisi maupun disejumlah film. Pada penampakannya, terlihat bahwa betapa hebatnya sinar laser ini yang mana sinar yang umumnya berwarna merah ini bisa memotong atau membelah besi atau baja yang terkenal sangat keras.
Lalu, apa rahasianya sampai sinar laser yang tampak kecil tersebut dapat membelah baja yang terkenal sangat kokoh tersebut? Mengapa sinar laser memiliki kemampuan yang luar biasa tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut marilah kita mengetahui apa itu sinar laser itu sendiri. Dimana LASER atau kepanjangan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation dihasilkan melalui pancaran radiasi atom-atom. Kemudian melalui proses stimulasi, sebelum sinar dipancarkan keluar pancaran radiasi tersebut makin dilipatgandakan. Nah, hal inilah (proses pelipat gandakan) yang menyebabkan berkas sinar yang keluar mempunyai intensitas yang sangat kuat sehingga dapat membuat sebuah besi atau baja terbelah.

Selain faktor di atas, sebenarnya ada hal yang lain yang membuat laser mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat. Rahasianya terletak pada ukurannya. Mengapa ukuran dapat mempengaruhi kekuatan sinar laser? Karena dengan ukuran atau diameter yang sangat kecil tersebut, ‘kekuatan’ sinar laser dapat lebih terfokus. Hal yang berbeda akan terjadi jika sinar laser diperbesar atau diperlebar maka kakuatannya akan ikut terpecah yang ujung-ujungnya akan memperlemah ‘kekuatan’ pancaran sinarnya.
Itulah tadi rahasia kekuatan dari pancaran sinar laser. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Amiin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: