Alasan Mengapa Kacang Hijau Tidak Masak Jika Gula Terlebih Dahulu Dimasukkan Kedalam Masakan

Mengapa memasak kacang hijau yang dimasukkan dalam air bersamaan dengan memasukkan gula tidak membuat kacang hijau masak (kacang hijau tetap keras dan tidak bisa pecah)? Itulah pertanyaan yang muncul ketika menyaksikan fenomena yang biasa kita saksikan sehari-hari tersebut.
Seperti diketahui dalam memasak kacang hijau, kita perlu merebus kacang hijau sampai pecah dan lunak baru memasukkan gula agar dapat menikmati kelezatan kacang hijau. Dimana kelezatan kacang hijau ini tidak akan muncul jika kita memasukkan gula  terlebih dahulu dibandingkan kacang hijau maupun memasukkan kacang hijau secara bersamaan dengan gula pasir.

Mengapa hal tersebut terjadi? Sebelum menjawab pertanyaan di atas, marilah kita tengok apa ‘kandungan’ kacang hijau itu sendiri. Di dalam kacang hijau yang direbus terdapat tekanan yang dinamakan tekanan osmosis. Jika kita merebusnya dengan air biasa, tekanan osmosis di dalam kacang hijau lebih besar dari pada tekanan di luar. Akibatnya kacang hijau akan terdorong ke luar dan hancur.

Namun jika kita menambahkan gula pada air rebusan, tekanan osmosis di dalam kacang menjadi lebih kecil dibandingkan dengan tekanan osmosis di luar kacang hijau. Akibatnya kacang hijau tidak hancur dan tidak pecah, walaupun kacang hijau tersebut berada dalam air mendidih.
Nah, itulah alasan mengapa kacang hijau tidak masak ketika gula di masukkan terlebih dahulu. Semoga artikel singkat ini menjawab rasa penasaran Anda mengapa kacang hijau harus di pecahkan terlebih dahulu baru dimasukkan  gula di dalamnya. Aamiin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: