Bahan Apa Yang Terkandung Di Dalam Bom Sampai Bisa Meledak?

Seringkali kita menyaksikan di film, televisi dan di koran betapa dahsyatnya efek dari bom. Dimana biasanya korban meninggal akibat ledakan bom tersebut dikarenakan terkena serpihan bom. Lalu, apa sebenarnya zat maupun material yang terkandung di dalam bom? Sampai-sampai banyak korban berjatuhan akibat benda mati tersebut?
Zat dan material yang ada di dalam bom sampai menimbulkan ledakan yang dahsyat sebenarnya adalah zat-zat kimia yang dapat bereaksi menghasilkan sebuah gas. Nah, apabila bom di lempar, di cabut pelatuknya, maupun di atur waktunya akan mempengaruhi tekanan gas dalam bom tersebut. tekanan gas inilah yang mengakibatkan ledakan. Baik itu ledakan kecil maupun ledakan besar tergantung jenis dari bom itu sendiri.


Selain mengandung zat-zat kimia di dalam bom juga biasanya dimasukkan benda-benda kecil yang biasanya terbuat dari logam dan tajam, sehingga ketika bom meledak maka serpihan benda-benda kecil tadi akan melukai korban atau lawan. Dan kalau itu sampai terjadi, biasanya korban akan mengalami luka yang parah bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak!
Itulah sebabnya mengapa orang melakukan aksi tiarap ketika tahu akan ada bom di dekatnya. Karena ketika bom meledak di atas tanah, serpihan benda-benda kecil akan tersebar ke segala penjuru arah, tapi lebih banyak ke arah atas (karena meledaknya di atas tanah). Dan itulah sebabnya juga mengapa pada saat mengetahui adanya bom di sekitar kita sebaiknya kita jangan dalam posisi berdiri atau duduk.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: