Cara Terbaik Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Rasanya sulit di zaman sekarang ini melarang anak berinteraksi dengan gadget kesayangannya. Gadget baik berupa tablet maupun phablet memang dapat membuat anak bermain terus-terusan tanpa mengenal waktu. Akibatnya, sang anak akan melewatkan kegiatan penting lainnya.
Itulah sebabnya tak jarang orangtua merasa bingung ketika dihadapkan pada situasi seperti ini. Diberikan kebebasan bermain gadget anak keterusan bermain, tidak diberikan anak akan merengek bahkan menangis tiada henti. Lalu, bagaimana sebaiknya orang tua bersikap jika anaknya ingin bermain game atau menonton video di gadget kesayangannya?

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan terkait penggunaan gadget pada anak:
1.   Perbanyak aktivitas nyata bagi anak: jangan terlalu memanjakan anak dengan tablet atau handphone. Memang dengan memberikan gadget itu anak akan bersikap tenang, tapi perlu juga diingat gadget punya efek positif dan negatif. Dimana efek negatif dari keseringan bermain game dan menonton video digadget juga tidak sedikit, seperti: kerusakan pada mata, bahaya elektromagnetik, sampai tumpulnya motorik kasar dan halus pada anak!

Untuk itu perbanyaklah aktivitas nyata bagi anak, seperti: olahraga, membaca atau kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.
2.  Tidak sesering mungkin memberikan gawai pada anak
3.  Memberikan batasan waktu: dalam pemakaian gadget, orang tua harus tegas kapan boleh bermain gadget kapan tidak boleh. Jelaskan pada anak bahaya yang ditimbulkan jika memakai gadget terlalu sering terhadap kesehatan.
4.  Tingkatkan interaksi antara orang tua dan anak: dengan meningkatnya hubungan keduanya, secara otomatis aktivitas anak akan teralihkan dari kebiasaan memainkan gadget.

5.  Pantau Anak: hal ini perlu diperhatikan orang tua. Ingat, gadget ibarat mata pisau. Ada yang positif dan ada yang negatif. Jangan sampai gadget yang semula dimaksudkan untuk memudahkan kehidupan anak malah berbuah menjadi sesuatu yang mencelakakan anak.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: