Inilah Alasan Mengapa Laki-laki Gampang Berbohong Dan Mengapa Wanita Gampang Menangis

Di zaman modern ini kita hidup dengan tuntutan persamaan hak maupun kesetaraan antara pria dan wanita. Bukan rahasia umum lagi jika pekerjaan yang dulu hanya bisa diduduki para pria, kini bisa juga diduduki para wanita, begitupun sebaliknya.  Tapi, sebenarnya ada hal-hal yang ternyata memang berbeda di antara pria dan wanita.
Ambil contoh pada balita perempuan yang rata-rata lebih cepat berbicara daripada balita laki-laki. Begitupun juga dengan kebiasaan wanita yang bisa melakukan banyak kegiatan dalam satu kesempatan dibandingkan laki-laki yang hanya bisa fokus pada satu kegiatan. Dimana perbedaan mendasar antara pria dan wanita itu terletak pada otak.

Penasaran perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan? Berikut perbedaan otak laki-laki dan perempuan:
1.   Perbedaan verbal:
Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata perhari, sementara pria hanya menggunakan sekitar 7.000 kata perharinya. Apa yang membedakan hal tersebut?
Seperti disebutkan di atas, perbedaan ini terletak pada otak laki-laki dan perempuan. Perbedaan ini terlihat pada daerah kortek pria yang lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit daerah korteksnya, dimana biasanya daerah korteks adalah daerah yang berguna untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Selain itu kumpulan saraf yang menghubungkan otak kanan dan kiri otak laki-laki lebih kecil seperempat ketimbang otak perempuan.

Jika pada otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, maka otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya. Itulah sebabnya perempuan lebih banyak bicara dibandingkan dengan laki-laki!
2.  Perbedaan bahan kimia:
Anda mungkin sudah mahfum jika laki-laki cenderung lebih cepat naik pitam ketika melibatkan ancaman fisik dibandingkan seorang wanita. Hal ini dipengaruhi oleh otak perempaun yang lebih banyak mengandung serotonin dibandingkan dengan otak laki-laki. Serotonin ini sendiri adalah zat yang akan membuat seseorang bersikap tenang.
3.  Perbedaan Spasial:
Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang kompleks, seperti: kemampuan perancangan mekanis, pengukuran dan manifulasi benda-benda fisik. Itulah sebabnya mengapa laki-laki cenderung suka sekali dalam mengutak atik kendaraan.
4.  Memori lebih kecil:

Sudah bukan rahasia umum lagi jika laki-laki terkenal karena mudah lupa dibandingkan dengan perempuan yang terkenal bisa mengingat segala sesuatunya dengan detail. Ternyata hal ini dipengaruhi oleh pusat memori (hippocampus). Dimana pada wanita pusat memorinya lebih besar dibandingkan dengan otak pria.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: