Kiat Menghadapi Pekerjaan Rumah Tangga Ketika Pembantu Mudik

Ditinggal pembantu yang mudik memang menyisakan kisah yang unik sekaligus menyedihkan. Bagaiman tidak, pekerjaan yang biasanya telah beres ketika pembantu ada di rumah mendadak menjadi pekerjaan tambahan buat sang majikan. Itulah sebabnya tanpa mereka, rasanya hidup di rumah jadi berubah.
Tapi, jangan berkecil hati. Berputus asa tidak akan menghasilkan apa-apa buat kita yang ditinggalkan. Bukan berarti dengan ditinggal pembantu mudik kita tidak dapat mengerjakan urusan pekerjaan rumah dengan baik.

Berikut kiat yang dapat kita tempuh ketika pembantu mudik:
1.   Pastikan masa mudik: ada baiknya kita bersikap tegas kapan waktu pembantu akan kembali dari kampung halamannya. Bila perlu buatlah kesepakatan dengan konsekuensi hukuman jika melanggar.
2.  Atur jadwal: buatlah jadwal dalam mengelola urusan rumah tangga dan pekerjaan kita. karena dengan jadwal yang teratur akan membantu kita untuk memilih prioritas kerja termasuk ketika mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan urusan pekerjaan kantor.

3.  Selesaikan dengan tuntas: sebelum pembantu mudik, mintalah pada pembantu untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah dengan tuntas. Terlebih pada pekerjaan yang dirasa sulit untuk diselesaikan sendiri. Tapi, usahakan jangan hanya menuntut hak saja tanpa memberikan kewajiban kita sebagai majikan. Untuk itu berilah reward kepada pembantu karena telah bekerja keras menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

4.  Kerja sama-sama: ini adalah kesempatan kita untuk mengajak keluarga turut serta dalam mengerjakan urusan rumah tangga. Untuk itu berbagi tugaslah dengan anggota keluarga agar pekerjaan rumah tangga cepat terselesaikan dengan cepat dengan mudah.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: