Lima Keuntungan Dari Keterlibatan Ayah Dalam Mengasuh Anaknya

Anda seorang Ayah yang selalu sibuk sehingga jarang ‘bergaul’ dengan anak Anda? atau Anda seorang Ayah yang hanya mempercayakan urusan anak pada istri Anda? Mulai sekarang berubahlah! Karena menurut penelitian keterlibatan Ayah dalam pengasuhan memberikan keuntungan bagi anak.
Berikut lima keuntungan dari keterlibatan Ayah terhadap anaknya yang dilandir dari laman Huffingtonpost pada bulan Agustus 2015 lalu:
1.   Anak memiliki interaksi yang baik dengan orang lain:
Dari sejumlah penelitian anak yang memiliki interaksi dan kasih sayang menyenangkan dengan ayahnya  akan memiliki keterlibatan positif baik itu sosial maupun emosional dengan orang lain.

2.  Berbicara lebih awal dan lebih ekspresif secara lisan:
Keuntungan selanjutnya adalah memberikan dampak yang positif terhadap linguistik dan perkembangan kemampuan bahasa pada anak. Sehingga anak akan lebih cepat dalam berbicara dan ekspresif secara lisan.
3.  Anak menjadi sehat:
Keterliban Ayah sebelum, selama kehamilan dan setelah kelahiran sang anak telah terbukti memberikan efek positif, tidak hanya bagi sang istri tapi juga anak yang dikandung, dilahirkan hingga anak telah besar.

4.  Anak tidak rentan terhadap depresi:
Manfaat yang tidak kalah hebatnya adalah keterlibatan Ayah dalam mengasuh anak diyakini dapat menurunkan tingkat depresi, ketakutan hingga keraguan diri pada anak setelah dewasa.
5.  Anak lebih sukses secara akademik:

Keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak juga berimbas pada pendidikan anak, dimana selain membuat anak lebih baik disekolah juga lebih memungkinkan bagi anak untuk mencapai tingkat tinggi dalam karier dan keberhasilan ekonomi.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: