Mengapa Kipas Dapat Membuat Tubuh Kita Dingin Dan Adem?

Seringkali kalau kita kepanasan dan kegerahan terhadap suhu di lingkungan di sekitar, kita akan mengambil inisiatif untuk mendekati kipas angin atau malah mengambil kertas untuk mengepak-ngepakkannya ke tubuh kita. Rasa segar dan adem akan segera terasa begitu kipasan mengenai tubuh kita.
Dari fenomena tersebut muncul pertanyaan. Mengapa kipas angin dan kipas kertas yang kita kibaskan tersebut dapat membuat tubuh menjadi dingin? Padahal kalau ditilik, angin yang berhembus dari kipas angin tersebut berasal dari angin atau udara lingkungan yang suhunya tidak dingin. Dan seperti kita ketahui juga kipas angin maupun kipas dari kipas kertas yang kita kibaskan tidak dilengkapi dengan alat pendingin seperti halnya AC.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut marilah kita tengok kejadian yang terjadi pada waktu kita kegerahan, dimana biasanya pada saat kegerahan akan keluar tetesan keringat. Tetes keringat itu akan menguap dengan cara mengambil panas dari kulit tubuh. Dengan terjadinya  penguapan tersebut biasanya tubuh akan terasa lebih dingin.

Fenomena mengapa kipas angin dan kipas kertas yang kita kibaskan dapat membuat tubuh menjadi adem? ini terjadi dikarenakan pada saat angin yang berputar ke arah kita atau saat kita mengibaskan kipas akan terjadi proses penguapan dengan cepat. Nah, apabila terjadi proses penguapan dengan cepat akan membuat tubuh kita adem. Hal ini sama halnya dengan seperti kita mengoleskan alkohol atau spirtus di permukaan kulit kita. Jadi, ketika spirtus atau alkohol menguap, kulit kita terasa dingin dan nyaman.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: