Menyibak Tabir Misteri Terbentuknya Silubang Hitam (Black Hole)

Lubang hitam atau populer dengan black hole merupakan kata yang misterius yang sering kita dengar. Apa sebenarnya black hole ini? Bagaimana sampai terbentuk black hole? Dan bagaimana pula rupa dari black hole ini?
Sesuai dengan namanya black hole memang merupakan sebuah lubang berwarna hitam. Seperti kita ketahui gaya gravitasi adalah gaya tarik antara dua benda (materi). Pada satu bintang, materi di dalamnya saling tarik membuat bintang makin lama makin padat. Di dalam bintang terjadi pembakaran. Energi pembakaran ini menahan bintang agar tidak terus mengecil.

Ketika bahan bakar (hidrogen) bintang habis, tidak ada yang menahan gaya gravitasi. Pada keadaan ini bintang terus mengecil dan memadat. Ketika bintang sudah sangat padat, semua benda (termasuk cahaya) yang lewat dekat bintang itu akan ditarik masuk bintang. Itulah sebabnya bintang ini disebut dengan hole atau lubang.
Karena cahaya yang lewat dekat bintang semuanya ditarik oleh bintang, tidak ada yang keluar dari bintang. Orang di luar bintang itu tidak akan melihat cahaya sedikit pun dari bintang itu. Itu sebabnya, bintang ini disebut black hole atau lubang hitam.

Terbentuknya black hole atau lubang hitam adalah berasal dari bintang yang mempunyai massa minimal tiga kali massa matahari dan kekuatan gravitasinya sangat besar. Sedangkan matahari sendiri tidak akan menjadi lubang hitam, tetapi ketika ia mati, ia akan menjadi bintang kerdil.

Itulah tadi sekilas tentang apa itu black hole (lubang hitam). Semoga artikel pendek ini menambah pengetahuan kita semua. Aamiin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: