Sejarah Panjang Terciptanya Setrika Listrik Yang Wajib Anda Ketahui

Bagi Anda yang gemar menggosok pakaian, Anda tentu tidak asing dengan benda satu ini. Dimana benda satu ini membuat pakaian yang kusut tampak rapi dan bersih. Ya, ia adalah setrika listrik yang merupakan benda ‘ajaib’ yang ditemukan oleh Henry W. Weely.
Sejarah terciptanya setrika listrik tidak segampang yang orang kira. Perlu waktu panjang untuk menyempurnakan desain dan fungsinya. Dimana pada awal ‘terbentuknya’ setrika sudah dikenal sejak 2.400 tahun lalu. Pada saat itu setrika tidak berbentuk datar melainkan berbentuk silinder. Jadi kain yang ingin dirapikan atau ingin dihaluskan digilas dengan besi.

Nah, dua abad kemudian bangsa Romawi merapikan pakaiannya dengan logam rata dengan cara memukul-mukulkannya pada kain. Memasuki abad ke 15, setrika mengalami kemajuan dengan ditemukannya setrika seperti yang kita kenal sekarang ini. hanya saja permukaan besinya yang dipanaskan di dalam sebuah kotak pemanas yang dibakar dengan batu bara. Selain merpotkan, setrika ini juga meninggalkan jelaga pembakaran di pakaian yang dihaluskan.

Pada periode selanjutnya, ditemukanlah setrika dengan dimasukkannya arang ke dalam setrika. Dimana cara ini dahulunya dianggap praktis dan efektif dalam mempertahankan panas sehingga pakaian mudah rapi. Tapi, bukan berarti setrika arang ini tidak mempunyai kelemahan. Dimana kelemahan dari setrika ini adalah kalau tidak cermat memperhatikan panasnya, setrika bisa terlalu panas sehingga baju bisa terbakar dan lengket.

Memasuki 6 Juni 1882, Henry W. Weely mematenkan setrikaan listrik. Yang mana dengan penemuannya tersebut, bisa dikatakan pekerjaan melicinkan baju jadi lebih gampang. Dimana tidak perlu repot memperhatikan panasnya setrikaan karena ada setelan mengatur panas dan tidak perlu repot berurusan dengan api yang percikannya dapat membuat baju bolong-bolong.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: