Tujuh Prinsip Dari Makanan Sehat

Setiap makhluk hidup di muka bumi ini memerlukan makanan. Dimana selain untuk meningkatkan tingkat energi Anda, makanan juga membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga  dapat mencegah masalah kesehatan dalam jangka waktu yang panjang.
Tapi, sayangnya di zaman modern ini manfaat makanan tersebut justru tidak dirasakan, yang ada justru mengganggu dan merusak kesehatan penggunanya. Lalu, apa yang salah dari kebiasaan makan di masa kini? Dan apa pula yang mesti kita lakukan agar manfaat makanan di atas dapat kita peroleh?

Berikut prinsip-prinsip dari makan yang sehat:
Prinsip 1: Pilihlah makanan alami dan tinggalkan kebiasaan makanan olahan maupun kemasan. Ini adalah aturan pertama yang membuat Anda tetap hidup sehat. Karena, semua makanan kemasan mengandung bahan-bahan buatan.
Prinsip 2:  Untuk menjaga kadar gula darah Anda stabil sebaiknya makan 5-6 porsi kecil setiap hari, bukannya malah memilih untuk makan-makanan yang berat.

Prinsip 3: Sebaiknya anggap garam dan gula sebagai musuh. Anda boleh mengonsumsinya tapi dalam jumlah yang terbatas.
Prinsip 4: Pastikan bahwa setiap makan Anda berisi beberapa jumlah protein, karbohidrat dan juga beberapa jumlah lemak. Sebagian besar dari kita makan lebih banyak karbohidrat dan lemak dan sering mengabaikan protein.
Prinsip 5: Jauhi kalori cair. Hindari minum-minuman ringan dalam kemasan, terlebih minuman bersoda dan berpengawet.
Prinsip 6: Mengkonsumsi produk mentah dan meninggalkan jauh produk olahan: apakah itu beras, gandum atau tepung. Jadi, pilih nasi merah dan roti dari pada nasi goreng, nasi kebuli, roti dengan pemanis maupun berpengawet, bahkan mie instan.

Prinsip 7: Perbandingan diet Anda dan konsumsi kalori tergantung pada tingkat aktivitas Anda. Ini akan membantu Anda tetap bugar tanpa kelebihan berat badan yang dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: