Benarkah Menatap Orang Yang Sakit Mata Dapat Menularkan Sakit Matanya Ke Kita?

Sebagian besar dari kita akan menghindar menatap mata orang yang terkena sakit mata atau mata merah. Dimana kita menganggap bahwa dengan memandang orang yang matanya kemerahan (konjungtivis) akan menyebabkan mata kita juga ikut menjadi merah. Benarkah demikian?
Memandang mata seseorang yang lagi mengalami konjungtivis tidak akan menyebabkan mata kita ikut terkena penyakit serupa. Mata seseorang yang mengalami kemerahan tersebut tidak menular melalui pandangan. Dimana penularan penyakit ini ditenggarai oleh virus yang menularkannya melalui kontak dengan penderita.

Perlu diketahui penyakit mata kemerahan atau konjungtivis ini adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan selaput lendir yang melapisi kelopak dan permukaan mata. Mengapa warna mata bisa berubah menjadi merah dan bengkak? Hal ini dikarenakan adanya infeksi dan iritasi pada mata yang biasanya disebabkan virus, bakteri, mata kering, paparan matahari atau bisa juga karena asap, alergi dan dikarenakan bahan kimia.

Tapi Anda tidak usah khawatir karena penyakit mata merah ini bukanlah penyakit serius. Penyakit konjugtivis ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu tujuh sampai sepuluh hari. Tapi, ada baiknya ketika ada organ tubuh yang bermasalah kita segera memeriksakannya ke pelayanan kesehatan yang terpercaya, agar penyakit yang membuat penderitanya kehilangan percaya diri ini segera bisa diobati.
Lalu, mengapa seseorang yang memiliki sakit mata ini dapat ‘menularkan’ penyakitnya ke banyak orang. Seperti disinggung di atas, penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung. Artinya penyakit ini bisa menular kebanyak orang jika barang atau produk penderita tersentuh orang lain.
Ambil contoh ketika penderita mengucek matanya, lalu ia memengang kursi. Virus atau bakteri akan tertinggal di sana. Dan pada saat bersamaan kita memengang kursi tersebut dan tanpa sengaja mengucekkan tangan kita tersebut ke mata kita. maka kita berisiko tinggi terkena penyakit mata yang sama dengan penderita.

Jadi jika banyak yang berpendapat penularan penyakit mata ini dapat melalui pandangan mata dengan penderita, bisa dipastikan itu hanya mitos belaka. Jadi, mulai sekarang ada baiknya kita menerapkan hidup sehat, seperti mencuci tangan  sesudah berada di tempat umum atau ketika bersentuhan dengan barang yang ada di tempat umum.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: