Bolehkah Wanita Yang Sedang Hamil Menyetir Mobil?

Ketika wanita dinyatakan hamil biasanya ia akan membatasi aktivitas yang biasa ia jalani sebelum ia mengandung. Salah satu aktivitas tersebut adalah menyetir mobil. Kalau ada seseorang yang bisa dijadikan sopir  akan sangat baik bagi wanita hamil, tapi bagaimana jika tidak ada seorangpun yang dapat diminta tolong ketika berpergian ke suatu tempat? Apakah Anda tetap berada di rumah? Atau memilih menyetir mobil seorang diri?
Pada dasarnya, wanita yang sedang hamil bukan berarti ia tidak boleh menyetir mobil, tapi memang ada beberapa rambu yang mesti diperhatikan agar tetap aman dan nyaman sehingga tidak membahayakan janin dalam kandungan.
Berikut beberapa tips agar wanita hamil tetap nyaman dan aman dalam menyetir mobil:

1.   Perhatikan usia kandungan:
Disarankan bagi Anda yang usia kehamilannya dibawah tiga bulan dan menginjak tujuh bulan atau lebih agar jangan menyetir seorang diri. Karena di usia kandungan tersebut, sangat rawan bagi janin dan ibu hamil untuk mengendarai mobil seorang diri.

2. Kenakan sabuk pengaman dengan benar:
Pastikan sabuk pengaman dikenakan di bawah perut dan melintang di pinggul. Tali di bahu juga mesti berada di antara P*ayu*d*ara.
3.  Hindari Jalan berlubang:
Anda sudah mahfum mengapa jalan berlubang mesti dihindari? Ya, Anda benar... jalan berlubang berpeluang mengguncangkan tubuh Anda dan Janin yang Anda kandung sehingga akan membahayakan nyawa Anda dan kandungan Anda. Oleh karena itu jika menemukan jalan berlubang, ada baiknya Anda menghindar. Tapi, jika tidak ada area untuk menghindar lebih baik perlambat laju kendaraan Anda, agar hentakan atau goyangan tidak terlalu besar.
4. Mundurkan Kursi:
Atur penempatan kursi. Dimana dalam mengatur penempatan kursi sebaiknya cari jarak yang aman. Jadi jika sewaktu-waktu airbag bekerja, perut Anda tetap terlindungi.
5. Pakai bantalan punggung:

Ini yang perlu Anda perhatikan selanjutnya. Dimana dengan memasang bantal sandaran akan membuat tubuh Anda nyaman. Karena biasanya wanita hamil kerap mengalami rasa nyeri.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: